Pemkab Wajo Siapkan Rp750juta Untuk SPP Mahasiswa Miskin

Wajo, MC – Mahasiswa yang tergolong miskin sudah bisa menikmati pendidikan ditingkat perguruan tinggi tanpa harus dibebani pembayaran SPP. Program itu mulai dilaksanakan oleh pemerintah Sulsel dan secara berjenjang hingga tingkat Kabupaten.

Berdasarkan regulasi yang ada, pemerintah propinsi Sulsel menanggung pembayaran SPP bagi mahasiswa semester I dan II, sementara pada semester III dan IV menjadi tanggungan pemerintah kabupaten.

Bupati Wajo A Burhanuddin Unru dalam acara dialog Safari Ramadhan ditingkat kecamatan berulang kali mengungkap hal itu. Dijelaskan, program tersebut bertujuan untuk meringankan beban mahasiswa miskin di-bangku perkuliahan.

Tahun ini, kata Burhanuddin, Pemerintah Kabupaten Wajo telah menyiapkan dana gratis untuk mahasiswa semester III dan IV sebesar Rp750juta.

“Regulasi-nya seperti itu, pemerintah propinsi menanggung SPP mahasiswa gratis untuk semester I dan II dan pemerintah kabupaten menanggung mahasiswa semester III dan IV. Sedia-nya, program itu dilaksanakan untuk meringankan masyarakat yang tergolong miskin,” pungkas Bupati.

Untuk memperoleh layanan pendidikan gratis tersebut, lanjut Burhanuddin, mahasiswa disaran untuk berkoordinasi dengan pihak kampus-nya. Setiap mahasiswa penerima bantuan harus harus mengantongi rekomendasi dari perguruan tinggi tempat-nya kuliah.

“Selain itu, mahasiswa penerima tersebut harus pula mendapat surat keterangan dari pihak pemerintah bahwa yang bersangkutan benar adalah warga miskin,” pungkas Burhanuddin. (aci)