Pemkab Wajo Tetapkan Pilkades Serentak, 30 April 2015

Kepala BPMPDK Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri saat beri sambutan dalam acara Sosialisasi dan Pembekalan PPKD se Kabupaten Wajo

Wajo, MC – Pemerintah Kabupaten Wajo menetapkan hari H Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Wajo jatuh pada hari Kamis, 30 April 2015 mendatang.

Penetapan jadwal dan tahapan Pilkades untuk 108 Desa 13 Kecamatan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bupati Wajo.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri mengumumkan jadwal itu dalam acara sosialisasi dan pembekalan Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) di Gedung PKK Sengkang, Kamis, 19/3.

“Pemerintah menetapkan hari pemilihan jatuh pada 30 April nanti, penetapan jadwal itu berdasarkan Surat Keputusan Bupati Wajo dimana dalam pelaksanaan jadwal dan tahapan yang tertera didalamnya dilakukan secara serentak dan berlaku untuk seluruh desa yang akan mengikuti Pilkades,” ungkap Syamsul Bahri.

Mantan Camat Bola ini menambahkan, bahwa tahapan Pilkades di Kabupaten Wajo telah diawali dengan pelaksanaan sosialisasi di 13 kecamatan yang akan melaksanakan Pilkades. Setelah itu dilakukan pembentukan PPKD oleh masing-masing Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kabupaten Wajo yang secara keseluruhan berjumlah 540 orang.

Masing-masing BPD juga telah membentuk Panitia Tempat Pemungutan Suara (TPS) dimana masing-masing desa membentuk minimal 1 dan maksimal 2 Panitia TPS per-desa.

“Setelah mengikuti pembekalan dan setibanya nanti didesa masing-masing, PPKD sudah bisa membuka pendaftaran untuk melaksanakan tahap selanjutnya yakni penjaringan bakal calon kepala desa,” ungkap Ancu sapaan akrab Syamsul Bahri. (adv)

Penulis : Nur Asri