Pemred MEDIACELEBES : “Usaha Pers Tidak Hanya Bermodal Tulisan”

_dsc2245aPemred MEDIACELEBES, Nur Asri (kanan) saat paparkan materi dalam pelatihan jurnalistik

Wajo, MC – Membangun dan mengelola usaha media (perusahaan pers) seperti yang belakangan marak digeluti, tidak semudah seperti yang dibayangkan. Banyak hal yang harus diperhatikan agar usaha jurnalistik tersebut berjalan dengan baik dan benar, serta taat pada aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Setidaknya, demikian penuturan Pemimpin Redaksi (Pemred) MEDIACELEBES, Nur Asri saat hadir membawakan materi bertajuk “Manajemen Media” pada kegiatan Pelatihan Jurnalistik bagi para siswa dan mahasiswa yang dilaksanakan oleh Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Wajo, Sabtu, 17/9.

Ia menjelaskan, perusahaan pers yang dibangun harus merunut pada undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang pers, begitupun dalam pengelolaannya tidak hanya mengandalkan modal, keahlian menulis, dan atau menghasilkan karya jurnalistik saja.

“Akan tetapi lembaga pers harus berbadan hukum Indonesia sebelum memproduksi dan atau melakukan aktifitas kejurnalistikan, hal itu ditekankan agar usaha media dapat menjalankan fungsinya secara profesional dan tidak hanya termotivasi pada besaran laba (keuntungan) yang diperoleh,” papar Nur atau akrab disapa Aci ini.

Tidak hanya itu, perusahaan pers juga harus memenuhi unsur keredaksian yang didalamnya tersusun struktur kelembagaan, struktur itu kemudian diperhadapkan ke-Dewan Pers selaku organisasi kewartawanan yang berdasarkan undang-undang berhak untuk melakukan pendataan, mem-verifikasi dan mem-validasi perusahaan pers.

“Selaku penggiat pers, syarat dan persyaratan itu harus terpenuhi, ter-menej dengan baik serta berkelanjutan demi untuk tecapainya kemerdekaan pers seperti yang diamanahkan dalam undang-undang,” papar Aci.

Selain Pemred MEDIACELEBES, panitia pelaksana juga menghadirkan beberapa pemateri lainnya seperti ; Sekretaris PWI Kabupaten Wajo, Pemred WAJOTERKINI.COM, Pemred KABARWAJO.COM, Wartawan Koran FAJAR dan beberapa Tokoh Pemuda. (Red/MC)