Penerimaan CPNS, Bupati Wajo Prioritaskan Putra Lokal

Wajo, MC – Bupati Wajo A Burhanuddin Unru menekankan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini lebih pada putra dan putri lokal asal Wajo.

Bahkan, untuk mempertegas perekrutan putra(i) lokal tersebut, Bupati akan menyurati setiap kepala desa dan lurah dan instansi terkait untuk tidak mengeluarkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) kepada siapapun yang bukan penduduk asli dan atau tidak menetap di Wajo.

Bupati mengaku dalam pelaksanaan-nya nanti, verifikasi data terkait keabsahan KTP tersebut akan lebih ketat.

“Kita ingin penerimaan CPNS nanti memprioritaskan putra(i) lokal, kita tidak ingin seperti sebelum-nya, banyak pendaftar dari luar daerah, sehingga saat diterima mereka berupaya untuk kembali kedaerah-nya dan tidak mengabdikan diri di Wajo,” ungkap Burhanuddin saat berdialog dalam acara jelang buka puasa di Belawa, Minggu, 13/7.

Saat ini, lanjut Burhanuddin, banyak yang mengusul pindah tugas di-kabupaten lain. Berkas-nya bahkan sudah bertumpuk, namun belum ditandatangani karena banyak pertimbangan.

“Sekarang banyak bertumpuk berkas pegawai yang mengusul pemindahan, namun belum saya tandatangani. Saya coba tanya ke-BKDD, ternyata mereka yang mau pindah ini adalah pegawai yang baru terangkat dan bukan penduduk asli Wajo. Untuk itu, pada penerimaan CPNS nanti, saya akan beri penegasan terkait penerimaan tersebut. Putra (i) lokal harus diprioritaskan,” tegas-nya. (aci)