Pengen Belah Duren ?, Hadir dan Kunjungi “Pitumpanua Durian Expo”

durian Ilustrasi Belah Duren (Foto : Int)

Wajo, MC – Untuk mengangkat nama daerah dan memperkenalkan potensi kekayaan alam yang dimiliki, masyarakat bersama pemerintah kecamatan Pitumpanua pada hari Selasa (15/3) besok akan menggelar sebuah pameran.

Event bertajuk “Pitumpanua Durian Expo” ini menjadi wadah bagi masyarakat setempat untuk mempromosikan hasil bumi, utamanya buah durian yang dikenal merupakan produk unggulan masyarakat kecamatan Pitumpanua.

Selain baru pertama kali dilaksanakan di kabupaten Wajo, “Pitumpanua Durian Expo” ini juga akan menghadirkan beberapa artis ibukota untuk memeriahkan acara tersebut.

Camat Pitumpanua, Andi Mamu mengungkap bahwa, kegiatan expo sepenuhnya untuk mempromosikan potensi hasil bumi yang dibudidayakan oleh masyarakat di kecamatan Pitumpanua, khususnya potensi buah durian yang tidak lain merupakan produk unggulan masyarakat setempat.

Kata Mamu, antusiasme masyarakat dalam pelaksanaan expo cukup besar, itu dapat terlihat dari peran aktif dan gotong royong mereka untuk berkreasi dan mendirikan stand ditempat acara.IMG_20160311_191329

(Ketgam : Gambar artis ibukota yang akan memeriahkan Pitumpanua Durian Expo)

“Jadi, pelaksanaan acara ini sangat minim dana, kami memberdayakan masyarakat dan merubah mindset mereka sehingga termotivasi secara sukarela untuk terlibat didalamnya,” ujar Mamu.

Lanjut, mantan Kepala Bidang Ketahanan Masyarakat pada Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa/Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo ini mengungkap beberapa kegiatan dalam expo diantaranya ; pameran jenis durian yang dibudidayakan oleh masyarakat setempat, pameran kuliner khas durian dan beberapa kegiatan perlombaan seperti ; lomba durian unggul, lomba santap durian tercepat, lomba olahan makanan durian dan bazar durian.

“Selain potensi durian, acara yang digelar juga akan memamerkan potensi buah duku, buah naga dan berbagai potensi tanaman yang dibudidayakan oleh masyarakat kecamatan pitumpanua yang tidak lain merupakan kekayaan dan kearifan lokal setempat,” pungkas Mamu.

Kedepan, sambung Mamu, pemerintah dan masyarakat kecamatan Pitumpanua berharap kepada Bupati Wajo (A Burhanuddin Unru, red) untuk mencanangkan salah satu desa di Pitumpanua yakni Desa Jauh Pandang sebagai Desa Agro Wisata Durian.

“Pencanangan bertujuan untuk mengangkat nama daerah ditingkat nasional, dimana nantinya para wisatawan bisa melakukan kunjungan petik dan konsumsi buah durian diareal wisata tanaman durian,” harap Mamu. (SIPD/K)