Perbaikan Jembatan Canru oleh PT Mallomo

Oleh : FathurRachman, S.H. (Head Section Accident)
Â
Jembatan Canru  yang nyaris ambruk pada tanggal 25 September 2013 sekitar pukul 12.30 wita dan menghubungkan Kelurahan Sompe dengan 10 desa lainnya di Kecamatan Sabbang paru akhirnya selesai diperbaiki oleh PT. Mallomo yang bekerjasama dengan BataliyonZipur 08 SMG Makassar.

Perbaikan jembatan ini memakan waktu selama sekitar 10 hari yang dimulai pada hari Rabu tanggal 16 Oktober 2013 sampai dengan hari Jum’at tanggal 25 Oktober 2013 dengan menggunakan 25 personil.

Selama proses perbaikan jembatan ini, masyarakat belum bisa menggunakan akses jembatan yang rusak karena jembatan tersebut dibongkar untuk kemudian dipasang kembali dan panel yang rusak, kemudian diperbaiki dan dipasang pada sisi luar jembatan. 

Ketika jembatan tersebut dibongkar dan diangkat, banyak besi – besi panel yang sudah rusak dan berkarat karena tidak pernah diganti semenjak jembatan tersebut diperbaiki tahun 1994.

Sehingga proses perbaikan yang ditargetkan selesai selama 7 hari, kemudian mundur sampai 10 hari. Masyarakat yang ingin menuju Kota Sengkang ataupun dari Sengkang menuju kampong tersebut terpaksa menggunakan perahu untuk menyebarangi sungai ataupun harus memutar beberapa kilometer jauhnya.

Pada tanggal 25 Oktober 2013 sekitar pukul 18.30 wita telah dilaksanakan proses penyerahan jembatan yang sudah diperbaiki oleh Bosowa Group melalui PT. Mallomo sebagai pihak yang bertanggungjawab dalam proses perbaikan kepada masyarakat Kabupaten Wajo khususnya warga kecamatan Sabbangparu.

Penyerahan tersebut diwakili oleh Sekertaris Camat Sabbangparu Bapak Drs. Muhammad Damri Nur, M.Sidan Lurah Sompe Bapak Tusman, S.Sos. M.Si serta tokoh – tokoh masyarakat yang ikut hadir dalam acara tersebut.

Adapun pihak PT. Mallomo diwakili oleh Bapak Hasbullah Hafied selaku Head Traffic PT. Mallomo. Dalam kesempatan tersebut pihak PT. Mallomo juga memberikan sumbangan semen Bosowa kepada 2 buah masjid yang berada disekitar lokasi jembatan yang rusak tersebut. (Red)