Perintisan dan Pengerasan Jalan Dominasi Penggunaan Dana Desa di Wajo

Banner Head SIPD 1

Kepala BPMPDK Wajo, Syamsul Bahri (Kepala BPMPDK Wajo, Syamsul Bahri)

Wajo, MC – Kegiatan pembangunan mendominasi penggunaan Dana Desa di Kabupaten Wajo Tahun Anggaran 2015 ini.

Dari Rp 38 Milyar lebih pagu anggaran yang dialokasikan, sekitar 95,96 persen atau sebesar Rp 37 Milyar lebih dipergunakan untuk kegiatan pembangunan.

Selebihnya, sebesar Rp 1,5 Milyar lebih atau sekitar 4,04 persen dialokasikan untuk kegiatan pemberdayaan.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa/Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri mengungkap hasil laporan penggunaan Dana Desa itu dihadapan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes) RI, di Jakarta, baru-baru ini.

Dijelaskan, Kegiatan Pembangunan yang dimaksud meliputi ;

– Kegiatan Perintisan, Pengerasan dan Jalan Tani/Desa sebesar Rp 25 Milyar lebih atau sekitar 67,31 persen
– Kegiatan pembangunan Embung-embung dan Pengairan Desa atau Pintu Air sebesar Rp 5,1 Milyar lebih atau sekitar 13,75 persen
– Kegiatan pembangunan Drainase, Talud dan Dwikker sebesar Rp 4,7 Milyar lebih atau sekitar 12,76 persen
– dan pembangunan Jambang Keluarga, Kios Pasar, Posyandu, PAUD dan beberapa kegiatan lainnya sebesar Rp 2,3 Milyar lebih atau sekitar 6,18 persen.

Foto Bersama di Kementerian Desa(Ketgam : Foto bersama di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi)

“Realisasi anggaran tersebut pertanggal 30 September 2015 lalu, dengan capaian itu maka untuk tahap pertama, Dana Desa yang dialokasikan untuk pemerintah kabupaten Wajo telah rampung 100 persen,” ujar Ancu (sapaan Syamsul Bahri).

Lanjut mantan Camat Bola ini menerangkan bahwa pengalokasian Dana Desa ini di kabupaten Wajo sepenuhnya diserap dan dimanfaatkan oleh 128 Desa, dimana seluruh desa ini telah melengkapi syarat dan persyaratan sebelum melakukan pencairan dan memanfaatkan dana tersebut.

Penggunaan Dana Desa itu, sambung Ancu, mengacuh pada Peraturan Desa dalam Daerah Kabupaten Wajo tentang Penetapan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2015.

Sedangkan untuk jumlah Pagu Dana Desa Kabupaten Wajo diatur dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 5 Tahun 2015 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa dan Peraturan Bupati Wajo Nomor 18 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pembagian dan Penetapan Rincian Dana Desa Setiap Desa dalam Daerah Kabupaten Wajo Tahun Anggaran 2015.

“Kedepan, diperkirakan pagu Dana Desa yang dialokasikan pemerintah pusat akan bertambah sehubungan dengan adanya pemekaran desa di kabupaten Wajo menjadi 142 desa,” terang Ancu menambahkan.

Sumber : BPMPDK Kabupaten Wajo
Penulis : Nur Asri

Banner Head SIPD 1