Perkebunan Sawit Digarap di Keera dan Sajoanging

Wajo, MC – Pengembangan perkebunan sawit di Kabupaten Wajo terus digarap oleh pemerintah. Dari beberapa titik pengembangan, salah satu-nya mengambil tempat di Kecamatan keera dan Sajoanging.

Beberapa desa pada dua kecamatan tersebut, diantaranya, Barangmamase (Sajoanging), Lalliseng, Inrello, Ballere, Ciromani, Labawang, Paojepe, Awo dan Awota (Keera)

Dikawasan itu, pemerintah melalui kerjasama dengan salah satu anak perusahaan PT Rajawali, yakni PT Intaran Surya Agri akan menggarap lahan seluas 22ribu hektare.

Tenaga ahli sekaligus Humas PT Intaran Surya Agri, Abdul Hakim mengutarakan, pengembangan kelapa sawit di kawasan perkebunan yang dikelola ini sudah memasuki tahap persiapan penanaman kecambah.

“Kami sementara menunggu pengiriman kecambah dari beberapa daerah yang dinilai sukses dalam pengembangan perkebunan kelapa sawit. Kami sisa menunggu rekomendasi dari dinas terkait,” kata Abdul Hakim, Jumat, 18/10.

Dijelaskan, setelah ada rekomendasi pemerintah untuk permintaan kecambah, maka segera dilakukan penanaman di-lahan yang disiapkan dan rencana-nya akan diresmikan penanaman-nya oleh Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru.

“Penanaman pertama segera kita upayakan terlaksana dalam waktu dekat ini,” terang Hakim.

Lebih jauh dijelaskan, bahwa selain upaya pemenuhan kecambah, perusahaan juga terus melakukan sosialisasi kerjasama masalah lahan dengan warga yang dikawasan tersebut.

“Kami terus melakukan sosialisasi kepada para warga untuk melakukan kerjasama bagi hasil 70 untuk perusahaan dan 30 kepada pemilik lahan dengan sistem plasma. Menjadi penting dari pengembangan perkebunan ini adalah potensi serapan tenaga kerja capai ribuan jiwa,” pungkas Hakim.(aci)