Perkemahan Pramuka, “Om Jas” Yang Buka, Camat Yang Tutup

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wajo, H Jasman Juanda. Ia akrab disapa Om Jas oleh orang – orang terdekatnya

Wajo, MC – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas PK) Kabupaten Wajo, Jasman Juanda atau yang lebih familiar disapa “Om Jas” membuka kegiatan perkemahan tingkat kecamatan Pitumpanua yang dipusatkan di Desa Jauh Pandang kecamatan Pitumpanua, Jumat (20 Januari 2017) lalu.

Kegiatan ini diikuti 40 sekolah tingkat SD/MI dan SMP/Sederajat dan dilaksanakan selama 3 hari (20 – 22 Januari 2017). Hadir dalam pembukaan ; Camat, Muspika, Pengawas dan Kepala Desa setempat.

Dalam sambutannya, Om Jas mengungkap apresiasi atas terselenggaranya perkemahan. Menurutnya, kegiatan tersebut menjadi ajang silaturahmi bagi para penegak Pramuka.

“Kedepan, kita akan maksimalkan kegiatan ini, baik ditingkat kecamatan maupun pada tingkat kabupaten”, ujar Om Jas.

Senada dengan Kadis, Kepala UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pitumpanua, Ambo Unga juga beri apresiasi kepada para siswa yang tergabung dalam Pramuka. Ia berharap, penegak yang berhasil juara diajang tingkat kecamatan tersebut bisa terangkat dan meraih juara pada ajang yang lebih tinggi.

Camat Pitumpanua, Andi Mamu saat menutup kegiatan perkemahan pramuka (Foto : Sul/MC)

“Namun tentu, keberhasilan diraih tidak terlepas dari dukungan serta bimbingan yang diberikan oleh para pembina”, ungkap Unga.

Lanjut, Ia juga mengungkap rasa terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat jauh pandang atas dukungan dan partisipasinya selama perkemahan. Dan, secara khusus kepada pemerintah kecamatan yang telah berkontribusi hingga kegiatan itu terlaksana dengan baik, aman dan tertib.

Sekedar informasi, kegiatan perkemahan ini ditutup oleh Camat Pitumpanua, Andi Mamu dilokasi perkemahan, Minggu (22 Januari 2017). Ia berharap penegak pramuka terus berlatih dan tampil sebagai juara.

“Tidak hanya juara ditingkat kecamatan dan kabupaten, namun diharap siswa yang berprestasi bisa tampil ditingkat nasional, ini menjadi perhatian kita dan harus kita kawal kedepan”, ungkap Camat.

Kepala UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pitumpanua, Ambo Unga serahkan piala kepada para Juara dalam acara penutupan perkemahan (Foto : Sul/MC)

Ia juga menuturkan bahwa, makna yang dipetik dari kegiatan perkemahan adalah melatih kemandirian siswa, melatih kesabaran, dan menjaga persatuan dan kesatuan dalam membela dan menjaga keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

“Perkemahan ini juga mengajarkan siswa untuk lebih kreatif dan berkarya”, tutur Mamu.

Tampil sebagai juara dalam perkemahan diantaranya ;

Juara Umum tingkat SMP/Sederajat :

1. Juara Umum I : SMPN 3 Pitumpanua
2. Juara Umum II : SMPN 5 Pitumpanua
3. Juara Umum III : MTsN Pitumpanua

Juara Umum tingkat SD/MI :

1. Juara Umum I : SDN 211 Bulete
2. Juara Umum II : SDN 181 Bulete
3. Juara Umum III : SDN 411 Lauwa

(Sul/MC)