Perkuat Literasi Anak Indonesia, 100 Fasilitator 7 Provinsi Dilatih Di Bali

2. Fasilitator pelatihan USAID PRIORITAS sedang memfasilitasi kegiatan diskusi dalam kelompok kecil Fasilitator pelatihan sedang memandu kegiatan pelatihan dalam pleno.

Bali, MC – Untuk meningkatkan mutu pendidikan dasar, terutama literasi siswa, USAID PRIORITAS kembali melatih lebih dari 100 fasilitator pembelajaran dan budaya baca lewat pelatihan penyegaran (refreshing) tingkat nasional modul III SD/MI di Denpasar, Bali, baru-baru ini.

Peserta pelatihan berasal dari tujuh provinsi yaitu Aceh, Sumatra Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan, dilatih untuk dapat menerapkan hasil pelatihan dan melatih di daerahnya dalam mengembangkan sekolah bermutu.

Stuart Weston, Direktur Program USAID PRIORITAS, menyebut pelatihan penyegaran fasilitator tingkat nasional ini merupakan bagian dari upaya terus-menerus meningkatkan kualitas pendidikan dasar.

“Sebelumnya para fasilitator nasional ini sudah dilatih dengan modul III dan mereka juga sudah melatih lebih dari 2.000 fasilitator daerah yang akan melatih dan mendampingi lebih dari 1.000 sekolah dan madrasah mitra USAID PRIORITAS. Pada pelatihan kali ini kami ingin meningkatkan kemampuan para fasilitator nasional yang berorientasi pada peningkatan kemampuan literasi,” tutur Stuart yang juga menyampaikan peserta dibagi menjadi dua sesi kelompok pelatihan, yaitu kelas awal dan kelas tinggi.

Menurutnya, upaya mendorong kemampuan literasi siswa sekolah dasar ditempuh secara terpadu melalui proses pembelajaran dan pengembangan budaya baca.

“Guru didorong untuk lebih kreatif sehingga strategi pembelajaran lebih bervariasi untuk memberi kesempatan siswa membaca dalam proses pembelajaran dan lebih intensif memeriksa pemahaman murid dalam membaca,” tambahnya.

Sumber : USAID PRIORITAS