Pilkades Pasca Penetapan Perda Tunggu Perbup

Wajo, MC – Pemilihan kepala untuk 108 dari 128 Desa di Kabupaten Wajo pasca Penetapan Peraturan daerah (Perda) masih menunggu Peraturan Bupati (Perbup) untuk memulai pelaksanaan tahapan.

Pemerintah daerah melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa dan Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo mengaku belum melakukan action sebelum Perbup tentang pelaksanaan Pilkades ini dikeluarkan.

“Kami belum bisa memulai tahapan Pilkades bila Perbup belum dikeluarkan, Perda ditetapkan bukan berarti aturan dalam pelaksanaan Pilkades sudah klop, masih ada beberapa item dalam Perda tersebut yang memerlukan Perbup sehingga tahapan dimulai setelah peraturan ini di keluarkan oleh Bupati Wajo (A Burhanuddin UNru, red),” ungkap Syamsul Bahri, Kepala BPMPDK Wajo kepada mediacelebes.com, Sabtu, 21/2.

Ditambahkan, ketika tahapan Pilkades dimulai, pemerintah daerah akan melakukan sosialisasi sebagai langkah awal. Sedang untuk hari H (pelaksanaan) tetap mengacuh pada jadwal yang diatur dalam tahapan.

Sebelumnya, lanjut Ancu (sapaan karib), jadwal Pilkades memang direncanakan terlaksana pada bulan Maret mendatang, namun kemungkinan diundur karena mengikut pada penetapan Perda oleh DPRD Kabupaten Wajo yang juga sempat mulur hampir sepekan dari jadwal yang diwacanakan sebelumnya.

Namun demikian, kata mantan Camat Bola ini, hari H pelaksanaan pemilihan tidak menjadi soal, yang terpenting adalah bagaimana tahapan-tahapan yang diatur dalam Undang-undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati bisa dilaksanakan dengan baik.

“Sebenarnya, kalau hari H pelaksanaan tidak menjadi masalah, yang penting adalah bagaimana tahapan pemilihan ini bisa terlaksana dengan baik sesuai dengan regulasi yang ada,” terang Ancu. (adv)

Penulis : Nur Asri, SH