Pilkades Wajo, 3 Cakades Perempuan Terpilih, 4 Incumbent Tumbang

Kepala Dinas PMD Kab Wajo, Syamsul Bahri (Foto : MC)

Wajo, MC – Pemilihan kepala desa serentak gelombang kedua yang digelar pada hari Sabtu, 21 Oktober 2017 kemarin menempatkan 3 orang calon kepala desa berjenis kelamin perempuan sebagai pemenang berdasarkan rekapitulasi perolehan suara terbanyak sementara tingkat TPS (tempat pemungutan suara).

Mereka yang terpilih diantaranya, Hj Yulia Yasmin Desa Parigi Kecamatan Takkalalla, Hj Siswati Desa Maccolliloloe Kecamatan Pitumpanua dan Jurana Desa Ugi Kecamatan Sabbangparu.

Selain Cakades dari kalangan perempuan ini, pemilihan yang digelar pada 26 desa 8 kecamatan  itu juga menumbangkan 4 orang incumbent, diantaranya ; Calon Kades Lampulung dimenangkan oleh Ambo Tahang mengalahkan Andi Sangkuru, Desa Waetuwo dimenangkan oleh Andi Muh Amin mengalahkan Andi Fajar, Desa Awota dimenangkan oleh H. N. Harjum mengalahkan Andi Amirullah dan Incumbent Desa Bau Bau, Usman dikalahkan oleh Jumadi.

Dengan demikian, dari 16 incumbent yang maju bertarung, keempat nama tersebut tidak mampu mempertahankan kursi jabatan dan ditumbangkan oleh pesaingnya dalam pemilihan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) kabupaten Wajo, Syamsul Bahri mengungkap pilkades yang digelar berjalan aman, tertib dan kondusif serta dilaksanakan sesuai mekanisme yang berlaku.

Atas kondisi tersebut, ia berterima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada Kapolres dan Komandan KODIM 1406 Wajo bersama jajaran, serta seluruh masyarakat.

“Saya juga mengapresiasi kinerja Panitia Pemilihan tingkat Kabupaten (PPK), Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) serta para petugas TPS yang karena dukungan mereka sehingga momentum tersebut dapat terlaksana dan berjalan dengan baik”, papar Bahri. (SIPD/K)