Program Dana Desa dan APBD Kabupaten Jangan Tumpang Tindih

Banner Head SIPD 1

Syamsul BahriKepala BPMPDK Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri

Wajo, MC – Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa/Kelurahan kabupaten Wajo, Syamsul Bahri mengimbau para kepala desa untuk berkoordinasi dengan para kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) sebelum membuat dan mengusulkan program.

Jangan sampai, kata Dia, program yang dibuat dan dianggarkan melalui Dana Desa diprogram dan atau dilaksanakan pula oleh SKPD melalui APBD (anggaran pemerintah dan belanja daerah).

“Program dan kegiatan kepala desa dan kepala SKPD tidak boleh tumpang tindih atau dengan kata lain jangan program yang didanai Dana Desa dianggarkan juga melalui APBD. Itu pentingnya dilakukan sinkronisasi dalam pengelolaan anggaran dana desa ini,” ujar Syamsul Bahri kepada MEDIA CELEBES di Ruang kerjanya, Kamis, 17/9.

Lanjut, seperti hal-nya yang menjadi penegasan Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru dalam rapat kerja sinkronisasi program dan evaluasi pengelolaan dana desa, beliau (Bupati Wajo, red) menginstruksikan kepada para kepala SKPD dan Camat untuk melakukan pembinaan dan memberikan informasi kepada para kepala desa terkait kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan.

“Karena, jangan ada kegiatan yang didanai oleh tingkat kabupaten, juga diprogramkan lagi oleh desa. Ini sangat penting karena menyangkut aset dan pertanggung jawaban administratif antara SKPD dan kepala desa,” terang Syamsul Bahri.

Penulis : Nur Asri

Banner Head SIPD 1