Puluhan Warga di Lutim Selamat Setelah Terdampar di Laut Lepas

IMG_20150720_212758Proses evakuasi terhadap puluhan korban yang terdampar di tengah laut di Luwu Timur

Wajo, MC – Isak tangis ratusan warga di kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur memecah ketegangan setelah menyaksikan 17 orang kerabatnya pulang dengan kondisi selamat setelah terdampar semalam di laut lepas.

Puluhan korban ini alami musibah karena perahu yang mereka gunakan untuk menempuh perjalanan wisata menuju Bulu Poloe terbalik setelah dihantam ombak keras.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 09.00 Wita, Minggu 19/7 . Para korban baru bisa ditemukan keesokan harinya (Senin, 20/7) setelah tim SAR Gabungan melakukan pencarian dan mengevakuasi korban ke-pelabuhan tempat awal mereka berangkat.

Salah seorang korban yang dimintai keterangan mengungkap, saat kejadian mereka tidak bisa berbuat banyak kecuali bersandar dan berpegangan dibadan perahu.

Korban ini mengaku hanya bisa pasrah dan menunggu pertolongan karena alat komunikasi yang mereka bawa sebelumnya ikut tenggelam ke dasar laut.

“Kami hanya bisa pasrah dan bertahan sembari menunggu pertolongan, kecuali dua orang teman kami yang kebetulan bisa berenang mencoba untuk mencari pertolongan dan menempuh jarak hingga kepinggir, itupun mereka dalam kondisi kritis setelah hampir delapan jam berenang,” ujar korban ini.

Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Lutim, Hasmuddin ditempat kejadian mengungkap pihaknya langsung mendirikan posko dan mengerahkan tim untuk melakukan pencarian setelah mendengar informasi tentang kejadian itu.

PMI juga, ujar Hasmuddin menghubungi tim diseluruh kecamatan untuk bersiaga sembari berupaya melakukan pencarian.

“Setelah ditemukan, korban kemudian dilarikan kerumah sakit untuk mendapat pertolongan pertama,” ujar Hasmuddin.

Laporan : Aswal Awal