Putu Artana Imbau Warga Hindarkan Sapi Dari Tanaman Lantara Camara

Wajo, MC – Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Wajo, IB Putu Artana mengimbau masyarakat petani di kecamatan Takkalalla untuk menjauhkan sapi peliharaan-nya dari tanaman Lantara Camara (Bureceng).

Himbauan itu disampaikan agar sapi peliharaan masyarakat tidak sakit-sakitan setelah memakan tanaman itu.

“Saya mengimbau masyarakat khususnya yang punya sapi untuk menjauhkan dari tanaman itu. Jangan sampai hewan peliharaannya memakan buah Lantara Camara sehingga alami alergi,” ujar Putu, Selasa, 7/7 kemarin.

Dijelaskan, Lantara Camara adalah jenis tanaman yang tidak cocok jika dikonsumsi oleh sapi, khususnya jenis sapi bali. Terlebih, pada musim panas seperti ini, sapi alami alergi kulit hingga mengeras seperti kerupuk.

“Olehnya itu, diminta kepada masyarakat untuk menjauhkan sapinya dari tanaman itu. Upaya ini adalah bentuk pencegahan agar hewan peliharaannya tidak penyakitan,” saran Putu.

Seperti diketahui, informasi tentang adanya puluhan sapi mengalami alergi kulit diungkap oleh salah seorang warga dalam dialog Safari Ramadhan yang dilaksanakan di Peneki, kecamatan Takkalalla, baru-baru ini.

Warga ini bahkan meminta kepada pemerintah untuk menurunkan dokter hewan memeriksa kondisi sapi yang disebutnya sedang sakit.

“Kami berharap kepada Bupati mengutus dokter hewan untuk memeriksa sapi kami yang sedang sakit. Kami khawatir, penyakit ini menular ke sapi lainnya,” ujar warga ini. (aci)