Rampungkan APBD Pokok 2015, Legislator Wajo Tercepat di Indonesia

Wajo, MC – Legislator DPRD Kabupaten Wajo pada tahun 2014 ini dinilai paling cepat menyelesaikan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pemerintah Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2015 untuk ditetapkan menjadi Perda di seluruh Indonesia.

Jika pada tahun-tahun sebelum-nya pembahasan APBD Pokok dilaksanakan jelang akhir tahun oleh pihak legislatif, namun, pada tahun ini, pembahasan dan pengesahan Perda ini di-rampungkan lebih awal oleh para anggota DPRD yang juga berakhir masa jabatan-nya, hari ini (30/8).

Bupati Wajo A Burhanuddin Unru dalam sambutan-nya mengatakan, pembahasan Ranperda APBD pokok 2015 berikut pengesahan-nya menjadi Perda ini adalah pembahasan dan pengesahan tercepat di-Indonesia.

“Proses pembahasan Ranperda dan kemudian ditetapkan menjadi Perda APBD Pokok ini adalah proses tercepat di seluruh Indonesia, untuk itu, atas kerja keras dari para anggota dewan kami ucapkan terima kasih, meski diketahui bersama bahwa rapat yang dilaksanakan hari ini adalah rapat terakhir dari masa jabatan anggota Dewan periode 2009-2014,” ungkap Burhanuddin mengawali sambutan-nya di Gedung DPRD Wajo, Sabtu, 30/8.

Sementara itu, Ketua DPRD Wajo HM Yunus Panaungi usai rapat mengutarakan alasan hingga pembahasan dan pengesahan APBD Pokok tahun anggaran 2015 ini masih dilaksanakan oleh anggota DPRD Wajo yang akan berakhir masa jabatan-nya.

Menurut-nya, hal itu merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) no 37 tahun 2014 menyangkut tentang pembahasan dan pengesahan APBD tahun selanjut-nya masih dilaksanakan anggota Dewan yang menjabat saat ini.

“Aturan itu-lah yang mendasari pelaksanaan pembahasan Ranperda APBD Pokok ini, mulai dari proses RPJMD penjabaran Visi-Misi Bupati Wajo hingga akhir-nya bisa diselesaikan hari ini,” terang Yunus. (Penulis : Nur Asri, SH)