Ranperda Pilkades Tunggu Permendagri ???

Wajo, MC – Rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan Pemberhentian dan Masa Jabatan Kepala Desa sudah selesai dibahas.

Saat ini, Panitia Khusus (Pansus) DPRD Wajo membawa rancangan tersebut ke Biro Hukum Propinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk diasistensi.

“Ranperda sudah selesai dibahas oleh Pansus dan sekarang dibawa ke Propinsi untuk di-asistensi melalui Biro Hukum Provinsi,” ungkap Ketua Pansus I DPRD Kabupaten Wajo, Sumardi Arifin, Sabtu, 13/12.

Namun demikian, lanjut Sumardi, meski proses pembahasan telah rampung, Pansus masih diperhadapkan dengan kondisi dilematis karena pertimbangan Peraturan menteri dalam negeri (Permendagri) yang belum dikeluarkan.

Menjadi pertanyaan ; apakah Ranperda itu sudah bisa diajukan dalam rapat paripurna tingkat dua ataukah tetap menunggu dikeluarnya Permendagri ?.

“Permendagri menjadi hal penting karena didalamnya terlampir syarat wajib lahirnya sebuah Perda, sehingga membuat dilematis untuk diajukan kedalam rapat paripurna tingkat dua,” pungkas Sumardi.

Penulis : Nur Asri, SH