Rehab Sekolah dan Penuntasan Pekerjaan Jalan Mendesak di Botakmajarang

10438533_189338718084699_3718897755116210792_n Legislator DPRD Wajo, Baso Oddang

Wajo, MC – Bangunan sekolah mulai lapuk, usulan pembangunan pagar sekolah serta ketersediaan sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan pendidikan ditingkat desa/kelurahan pada empat kecamatan Botakmajarang (Bola, Takkalalla, Majauleng, Penrang) Dapil (daerah pemilihan) IV Kabupaten Wajo mengemuka dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang), beberapa hari lalu.

Selain itu, desakan agar beberapa ruas jalan, baik jalan trans sulawesi, jalan kabupaten maupun jalan desa juga diangkat menjadi isu dalam forum penggalian gagasan serta usulan program yang dilaksanakan oleh pemerintah tingkat kecamatan tersebut.

Anggota DPRD Wajo, Baso Oddang mengungkap hal itu kepada MEDIA CELEBES usai mengikuti acara Musrenbang pada empat kecamatan di Dapil (Daerah Pemilihan) IV Kabupaten Wajo, Rabu (10/2).

“Dari empat acara Musrenbang yang kami ikuti di Botakmajarang, usulan tentang pembangunan dan rehab sekolah serta penuntasan beberapa pekerjaan jalan mendominasi usulan. Beberapa diantaranya meminta agar sekolah-nya direhab, fasilitas-nya dilengkapi serta permintaan bangunan pagar sekolah. Begitupula desakan agar beberapa ruas jalan juga menjadi perbincangan alot. Ini tentu menjadi perhatian dan akan disampaikan kepada pemerintah daerah agar bisa diakomodir pelaksanaan-nya,” ulas Oddang.

Lanjut, Ketua Fraksi PDI-P Wajo ini menerangkan, untuk pembangunan atau rehab fisik sekolah, itu pada dasarnya domain dinas pendidikan. Usulan itu bisa diakomodir pada beberapa sumber penganggaran, termasuk salah satunya melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) yang hampir setiap tahun digulirkan oleh pemerintah pusat untuk dikelola ditingkat kabupaten.

“Jadi, usulan-usulan itu sebenarnya murni dari tingkat bawah, dan tentu aspirasi yang ada akan kami perjuangkan ditingkat legislatif agar bisa terakomodir. Baik usulan dalam bidang pendidikan maupun usulan tentang ketersediaan infrastruktur jalan. Kami juga sudah menyampaikan hal itu kepada dinas-dinas terkait,” pungkas Oddang kembali. (aci)