Rekrut Perangkat Desa, Para Kades Disaran Bersikap Selektif

Bupati Wajo Drs H A Burhanuddin Unru MM Bupati Wajo, Drs. H. Andi Burhanuddin Unru, MM

Wajo, MC – Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru menegaskan para kepala desa untuk bersikap profesional dan selektif dalam melakukan pengangkatan perangkat desa.

Untuk memudahkan proses perekrutan, Burhanuddin menyarankan kepala desa untuk melakukan seleksi dan berkoordinasi dengan pemerintah tingkat kecamatan.

“Kita ingin memaksimalkan pemerintahan ditingkat desa, tentu untuk mencapai hal itu, kepala desa harus ditopang dengan perangkat-perangkat desa yang kompeten, tidak asal direkrut saja. Pemerintah tidak ingin seperti sebelumnya, sistem pemerintahan di-desa laik-nya ada suara tidak ada gambar,” ujar Bupati saat membuka rapat koordinasi dan sosialisasi tentang dana desa di Gedung BBC, Selasa, 14/7.

Ditambahkan, pemerintahan desa dengan sumber penganggaran yang dialokasikan oleh pemerintah pusat dan daerah harus berhati-hati dalam pengelolaannya.

Jangan sampai, kata Bupati, kesalahan kecil dalam pengelolaan dan pertanggung jawaban atas anggaran tersebut membuat kepala desa harus berurusan dengan lembaga pemeriksa keuangan dan atau lembaga penegak hukum lainnya.

“Itu makanya saya sarankan kepala desa bersikap profesional dan selektif melakukan perekrutan perangkat desa, karena personil inilah yang akan terlibat langsung mengerjakan pertanggungjawaban atas anggaran yang dikelola,” terang Bupati.

Selain memberikan arahan tentang perekrutan personil tingkat desa, Bupati juga memberikan keluwesan kepada kepala desa untuk memilih sekretaris desa. Pada poin ini, Bupati menyarankan kepala desa untuk mengajukan usulan pergantian sekretaris.

“Silakan kepala desa mengusul pergantian, nanti akan ditindak lanjuti dengan melakukan pergeseran atau pergantian personil,” pungkas Bupati. (aci)