Resmi, Pemda Wajo Canangkan Program Transparansi Open Village SIPP De dan Siskeudes

Launching Program Transparansi Open Village SIPP De dan Siskeudes tingkat Kabupaten Wajo oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo, H Firdaus Perkesi. (Foto : Red/MC)

Wajo, MC – Komitmen pemeritah daerah kabupaten Wajo dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang transparan, profesional dan akuntable ternyata bukan hisapan jempol belaka.

Ba’da shalat jumat kemarin, tepatnya 26 mei 2017, pemerintah daerah secara resmi meluncurkan program transparansi berbasis aplikasi website bertajuk “Open Village SIPP De (sistem informasi pemerintahan dan pembangunan desa) dan Sistem Informasi Keuangan Desa (Siskeudes).

Peresmian ditandai dengan penabuhan bedug oleh Sekretaris Daerah kabupaten Wajo, H Firdaus Perkesi, di Aula Glori Convention Center (GCC) Sengkang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinas PMD) kabupaten Wajo, Syamsul Bahri mengungkap bahwa Open Village SIPP De merupakan program yang bertujuan untuk mewujudkan kinerja pemerintahan desa yang transparan berbasis aplikasi dan website. Program tersebut merupakan akses informasi desa yang bersifat timbal balik.

Satu sisi masyarakat dapat mengakses informasi tentang kinerja pemerintahan dan pembangunan desa, disisi lainnya menjadi akses bagi pemerintah desa untuk mendapatkan informasi tentang arah kebijakan pembangunan.

“Program itu pula menjadi akses untuk menginformasikan kinerja dan potensi desa masing-masing”, ujarnya.

Dalam pelaksanaannya, Open Village SIPP De didukung dengan sarana publikasi berupa call centre, publikasi media cetak dan online, network kareba desa dan siskeudes secara internal. Termasuk pemasangan baliho yang muatannya berisi informasi tentang APBDes tiap desa.

Selain Open Village SIPP De, sambungnya, pemerintah daerah juga meresmikan penerapan program Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Program tersebut merupakan sistem pengelolaan keuangan desa yang resmi dikembangkan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Aplikasi tersebut mengatur tentang pengelolaan keuangan desa mulai dari perencanaan, penatausahaan, hingga pertanggungjawaban, sehingga dalam penetapan APBDesa mengacuh pada format sistem yang ada pada Siskeudes.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri (depan) saat beri sambutan (Foto : Red/MC)

Lanjut Bahri menegaskan bahwa setelah peresmian, wajib menggunakan aplikasi siskeudes dalam pengelolaan keuangan desa, tidak ada lagi sistem lain yang dipedomani selain Siskeudes.

“Terlebih sejak dikerjasamakan dengan BPKP Sulsel pada tahun 2016 lalu, pendampingan dan pembinaan telah dilaksanakan oleh BPKP kepada pihak pemerintah desa, sekretaris dan bendahara desa telah ditetapkan sebagai pengelola siskeudes yang adminnya berpusat dikantor Dinas PMD”, papar Syamsul Bahri.

Sementara itu, Sekretaris Daerah kabupaten Wajo, H Firdaus Perkesi mengungkap peluncuran program Open Village SIPP De dan Siskeudes sangat strategi. Ia menilai inovasi tersebut sangat tepat dalam mendukung dan mewujudkan sistem pemerintahan yang transparant, profesional dan akuntable.

“Program itu akan mengantar kita pada pengelolaan dan pertanggungjawaban yang baik dan benar, transparant, profesional dan akuntable. Program itupula akan meminimalisir tindakan pelanggaran, seperti pertanggungjawaban fiktif, markup dan lain sebagainya yang bisa menyeret aparat desa berurusan dengan penegak hukum. Inovasi bukan berarti menemukan hal baru, namun mereplikasi sesuatu agar bermanfaat juga merupakan sebuah inovasi”, ujar Sekda.

Lanjut Sekda berharap agar setelah peresmian yang kemudian ditindaklanjuti dengan penerapan program tidak lagi terdengar keluhan dari aparat desa.

“Kita tidak mau lagi mendengar ada keluhan dari aparat desa, apalagi sampai dikejar-kejar oleh aparat penegak hukum, itu tidak perlu terjadi. Oleh itu pemerintah daerah berharap kepada seluruh aparat pemerintah desa untuk kedepankan transparansi dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan, harus taat pada aturan dan mekanisme yang berlaku”, harap Sekda. (SIPD/K)