Ribuan Warga Banjiri Musrenbang Pitumpanua

Bupati Wajo : Pemda Alokasikan Anggaran Rp 24 Milyar

Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru

Wajo, MC – Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru mengungkap keberpihakan anggaran untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di kecamatan Pitumpanua.

Melalui APBD tahun anggaran 2018 ini, pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 24 milyar dari Rp 1,38 trilyun APBD kabupaten Wajo untuk pekerjaan infrastruktur dan beberapa kegiatan yang bersentuhan langsung dengan pemenuhan hak dasar masyarakat.

“Kita alokasikan anggaran sebesar Rp 24 milyar untuk kecamatan pitumpanua tahun ini, anggaran tersebut akan dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur serta untuk mendanai beberapa kegiatan terkait pendidikan, kesehatan dan peningkatan sumber daya manusia”, ujar Bupati dihadapan ribuan warga yang hadir dalam musrenbang tingkat kecamatan pitumpanua – keera, Siwa, Senin, 5/2.

Sekitar 2 ribu tokoh masyarakat hadir dalam musrenbang pitumpanua

Dijelaskan, selain pengalokasian anggaran untuk pembangunan wilayah kecamatan, pemerintah pada tahun ini juga mengalokasikan anggaran sebesar Rp 8 milyar untuk lanjutan pekerjaan bangunan pasar siwa yang saat ini memasuki tahap perampungan.

Ia berharap pekerjaan pasar yang sudah berjalan sejak beberapa tahun terakhir bisa dirampungkan secepatnya agar bisa dipergunakan untuk menjadi pusat usaha dan menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Lanjut Bupati dua periode ini mengimbau kepala desa untuk lebih berhati-hati dalam mengelola dan menggunakan anggaran, baik yang bersumber dari dana desa, alokasi dana desa, ataupun dana yang diperoleh dari sumber anggaran lainnya.

Camat Pitumpanua Andi Mamu

Menurutnya tugas dan tanggungjawab yang diembang desa oleh pengalokasian anggaran tersebut semakin berat dan penuh resiko.

“Oleh itu diminta agar dalam mengelola dan menggunakan anggaran tetap berpedoman pada aturan dan petunjuk tekhnis yang berlaku. Jangan coba-coba menyalahgunakan anggaran karena resikonya cukup fatal”, saran Bupati.

Camat Pitumpanua, Andi Mamu diawal acara mengungkap apresiasi kepada Bupati atas direalisasikannya lokasi TPA (tempat pembuangan akhir dan bantuan mobil persampahan diarea pitumpanua serta atas terlaksananya pembangunan TPI (tempat pelelangan ikan) yang kini menjadi salah satu situs kunjungan di Siwa.

Selain itu, mantan Lurah Maddukkelleng ini juga mengungkap terima kasih kepada Bupati atas kemudahan yang diberikan kepada masyarakat berupa pelayanan administrasi kependudukan di kantor bersama kecamatan Pitumpanua.

Ketua bersama Anggota DPRD Wajo, Plt Sekda Wajo bersama Kepala OPD l lingkup Pemda Wajo dan beberapa pimpinan lembaga terkait

“Melalui layanan itu, masyarakat Pitumpanua tidak perlu lagi Sengkang (kantor Disdukcapil) untuk mengurus adminitrasi kependudukannya”, pungkas Mamu.

Hadir dalam musrenbang Anggota DPR-RI Hj Yuliana Paris, Ketua DPRD Wajo HM Yunus Panaungi bersama legislator dapil setempat, Kepala OPD lingkup Pemda Wajo serta beberapa tamu undangan lainnya. (Sul/MC)