Ribuan Warga Wajo Sapa Bupati Wajo, Walikota Jambi Juga

Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru saat beri sambutan dihadapan ribuan warga Bugis – Makassar di Jambi (Foto : Red/MC)

Wajo, MC – Setelah disambut secara resmi oleh Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkarnain, di Rujab Gubernur (Rabu, 5 April 2017) malam tadi, Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru kembali dijamu oleh ribuan masyarakat Wajo yang merantau di Propinsi Jambi.

Penyambutan Bupati dua periode di Wajo ini digelar saat hadir bersama Walikota Jambi, Syarif Fasha dalam acara pengukuhan pengurus Kerukunan Keluarga Wajo – Pattirosompe (KKW-PS) Propinsi Jambi masa bhakti 2017 – 2022 yang dirangkaikan dengan Peresmian Gudang Buana Utama 72 – 72.

Pada kesempatan itu, Bupati Wajo mengungkap sejarah sehingga orang Bugis melakukan perantauan dan tersebar hampir disetiap daerah, termasuk di Jambi.

Awalnya, kata Dia, proses keimigrasian terjadi karena kondisi daerah di Wajo kala itu tidak kondusif oleh tekanan penjajahan dan gerombolan (pemberontak), puncaknya di era tahun 60-an.

“Alasan itu sehingga masyarakat Wajo banyak yang melakukan perantauan dan mencari rejeki dikampung orang, karena kondisi daerahnya tidak aman”, tutur Bupati.

Selain mengisahkan sejarah keimigrasian orang bugis, Bupati kesempatab itu juga mengungkap maksud kunjungannya di Jambi.

Ia beri apresiasi kepada pemerintah setempat yang telah menjaga dan memperhatikan masyarakat bugis di Jambi.

“Kedatangan saya di Jambi untuk menyaksikan bahwa benar masyarakat bugis ditempat ini hidup sejahtera serta pendapatannya meningkat. Itu karena dukungan pemerintah setempat”, ujar Bupati.

Sebelumnya, Walikota Jambi, Syarif Fasha diawal acara menawarkan kerjasama dengan pemerintah kabupaten Wajo.

Ia membeberkan potensi daerahnya dan menjanjikan banyak peluang sehingga pemerintah membuka celah kepada pihak lain untuk menginvest dan atau menjalin kerjasama.

“Ini kami sampaikan lebih awal, menyusul kami akan menindaklanjuti kunjungan Bupati Wajo ini dengan kunjungan yang sama, termasuk untuk menjalin komunikasi dan kerjasama”, papar Walikota.

Selain Walikota Jambi dan Bupati Wajo yang tampil beri sambutan, Ketua Umum KKW Pusat juga mendapat kesempatan untuk beri sambutan sekaligus mengukuhkan Ketua KKW terpilih, Asnawi bersama pengurus lainnya. (SIPD)