RSUD Lamadukelleng Patenkan Penggunaan E-Hospital System

Ketgam : Bangunan kantor RSUD Lamadukelleng Sengkang

Wajo, MC – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lamadukelleng Sengkang akan meresmikan penggunaan E-Hospital system secara paten.

Peresmian penggunaan program berbasis internet (online) ini akan dikemas dalam acara Grand Launching yang dilaksanakan disalah satu gedung pertemuan di Sengkang, Senin, 2 Maret 2015 mendatang.

Grand Launching ini rencananya akan dihadiri oleh Bupati Wajo A Burhanuddin Unru bersama jajaran Muspida dan beberapa pejabat terkait lainnya.

Plt Direktur RSUD Lamadukelleng, dr Baso Rahmanuddin mengungkap bahwa Grand Launching dilaksanakan setelah penggunaan program E-Hospital ini melalui tahap ujicoba selama sebulan.

Dia menjelaskan, tahap ujicoba dimulai 2 februari lalu sembari melakukan analisa dan melengkapi data-data berkaitan dengan pelayanan administrasi dan pengelolaan keuangan RSUD Lamadukelleng.

“Setelah semuanya komplit, barulah program E-Hospital ini kita resmikan penggunaannya secara paten,” ungkap Rahmanuddin melalui via ponselnya, Rabu, 25/2.

Ditambahkan, dalam acara Grand Launching, diagendakan penandatanganan MoU (master of understanding) antara pihak RSUD Lamadukelleng dengan pihak BRI (Bank Rakyat Indonesia) Cabang Makassar.

“Penandatangan MoU itu akan disaksikan dan dilakukan dihadapan Bupati Wajo A Burhanuddin Unru,” ujar Rahmanuddin.

Lebih lanjut Kepala Dinas Kesehatan Wajo ini menjelaskan bahwa RSUD Lamadukelleng Sengkang adalah rumah sakit type C pertama di Indonesia yang menerapkan penggunaan E-Hospital.

Dia mengungkap, program ini diterapkan untuk menciptakan pengelolaan administrasi dan manajemen keuangan yang transparan, cepat, akurat dan terhindar dari tindak penyimpangan.

“Jadi tidak ada lagi alasan untuk melakukan penyimpangan, semua akan tercatat secara otomatis dalam sistem dan akurasinya dapat dipertanggungjawabkan,” ulas Rahmanuddin. (adv)

Penulis : Arlin Sujarli