RSUD Siwa Jalani Akreditasi Program Khusus

IMG_20151201_080411

Direktur RSUD Siwa, drg Hj Armin saat beri sambutan penerimaan kepada tim survey program khusus

Wajo, MC – RSUD Siwa Kecamatan Pitumpanua, Wajo, Sulawesi Selatan kembali kedatangan tamu dari tingkat pusat.

Kali ini, rumah sakit type D yang di kepalai oleh drg. Hj Armin, M.Kes ini menerima kunjungan dari tim survey program khusus selama dua hari berturut (27/28/11).

Tim survey ini terbagi atas tim survey manajemen sasaran keselamatan pasien (SKP) dan pengendalian infeksi (PPI) serta survey keperawatan, hak pasien dan keluarga pasien atau disingkat HPK.

Direktur RSUD Siwa, drg Hj Armin, M.Kes mengungkap bahwa pelaksanaan survey akreditasi program khusus ini sejalan dengan amanah Undang-undang (UU) nomor 44 tahun 2009 tentang akreditasi rumah sakit terhitung sejak tahun 2012.

Pelaksanaan survey juga, kata Armin, bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan mengimplementasikan pelayanan tersebut kepada masyarakat.

“Agenda survey program khusus tingkat pusat ini juga erat kaitannya dengan mekanisme kerja dan pelayanan masyarakat yang dilaksanakan oleh direksi rumah sakit,” terang Armin.

Sementara itu, dari hasil liputan yang dilakukan MEDIA CELEBES, tim survey yang masing-masing di ketuai oleh dr Suriah Tjegge, M.HA bersama Ike Gunawiarsih, S.Kep ini melakukan beberapa kegiatan diantaranya ; penandatangan berita acara oleh para surveyor serta memberi materi untuk evaluasi presentase keselamatan pasien.

Ketua Tim Survey, dr Suriah Tjegge, M.HA mengutarakan bahwa dari hasil survey terekam, jumlah pasien yang mendapat perawatan melalui jalur umum lebih banyak dibanding BPJS.

“Itu artinya mayoritas pasien di RSUD Siwa mengunakan jalur umum dibanding BPJS. Dengan kondisi seperti itu pendapatan RSUD Siwa banyak diperoleh dari jalur umum”, ulas dr Suriah. (Sul)