Safari Ramadhan, Bupati Ajak Masyarakat Berdialog

Wajo, MC – Sekali mendayuh dua tiga pulau terlampaui. Kira-kira seperti itu-lah gambaran kegiatan Safari Ramadhan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Wajo. Agenda Safari Ramadhan 1435 masehi yang dilaksanakan tahun 2014 ini di-isi dengan acara dialog.

Jika tahun-tahun sebelum-nya jelang buka puasa disertai dengan ceramah/kultum, namun, pada tahun ini, pemerintah mengemas kegiatan itu dalam dialog antara masyarakat dengan pemerintah.

“Sebelum buka puasa, kita isi waktu dengan dialog, dialog menyangkut tentang pelaksanaan program pemerintah. Apa yang menjadi kendala, kritikan ataupun saran-saran dari masyarakat boleh diungkap disini. Kalau untuk ceramah-nya, nanti kita gabung dipelaksanaan ceramah tarwih,” ungkap Burhanuddin mengawali dialog-nya.

Dialog ini, lanjut Burhanuddin, juga dimaknai sebagai pengganti safari dusun yang pada periode sebelum-nya intens dilaksanakan. Dialog ini mirip dengan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang).

“Namun, kalau musrenbang, itu formal. Dialog ini dilaksanakan semata untuk menggali gagasan program yang dianggap tepat dan memang dinantikan oleh masyarakat,” pungkas Bupati. (aci)