Sambungan Kurang Pas, Penyebab Kebocoran Pipa Jargas

Wajo, MC – Kebocoran sambungan pipa jaringan gas yang terjadi di dua titik regulation system (RS) tepat-nya di Jl Kenanga dan Jl Jend A Yani Sengkang mendapat penanganan dari pihak Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Wajo Energy Jaya (WEJ).

Pengelola konversi jaringan gas rumah tangga ini terpaksa membongkar sambungan kemudian mengganti dengan sambungan model ‘T’ baru yang dipesan khusus dari luar negeri.

WEJ menilai, penyebab kebocoran hingga menyulut semburan gas pada titik RS di-duga karena cara pasang sambungan yang dilakukan oleh pihak kontraktor (PT Guntur, red), kurang tepat.

Koordinator Lapangan (Korlap) Jargas PT WEJ menuturkan hal itu, di-lokasi sambungan RS Jl A Yani Sengkang, Senin, 25/8.

Menurutnya, penyebab terjadi-nya kebocoran gas pada dua titik itu bukan karena faktor kondisi tanah ataupun keretakan pipa. Namun, semburan gas yang terjadi hingga memicu perhatian masyarakat beberapa waktu lalu, disebabkan cara sambung pihak kontraktor sebelum-nya yang kurang tepat.

“Akibat-nya, sambungan pipa tanam itu harus dibongkar kemudian dibenahi ulang,” terang Febrianto.

Hal yang sama juga diutarakan Parawangsa SE, Humas PT WEJ. Dia sesalkan pihak kontraktor atas terjadi-nya kesalahan sambungan pada pipa RS. Namun, setelah dilakukan penanganan dengan pergantian tools sambungan oleh WEJ, maka dapat dipastikan kebocoran tidak terulang kembali.

“Insya Allah, kami yakin setelah ini kebocoran sambungan pada titik ini tidak terulang kembali. Dan diharap masyarakat untuk tidak khawatir akan peristiwa kebocoran seperti itu karena peluang untuk terjadi-nya kebakaran sangat kecil,” terang Parawangsa. (aci)