Sanksi Pidana Menunggu Pelaku Money Politik

Wajo, MC – Pelaksanaan pemilihan legislatif (Pilleg) di Kabupaten Wajo minta dilaksanakan dengan tertib, aman dan jauh dari pelanggaran oleh Panitia pengawas pemilu (Panwaslu).

Bila ternyata ada yang ditemukan melanggar, maka, ancaman terberat bagi mereka yang melakukan pelanggaran adalah sanksi pidana.

Setidak-nya, demikian penuturan A Bau Mallarangeng, Divisi Umum Panwaslu Wajo, Sabtu, 18/1.

Dijelaskan, untuk mengantisipasi terjadi-nya kecurangan dan pelanggaran pelaksanaan Pilleg, Panwaslu akan menyebar spanduk, sticker dan selebaran.

Sebagai langkah awal, himbauan terkait resiko dan sanksi yang bakal dihadapi bila terjadi pelanggaran pemilu hanya akan dipasang Dapil I Tempe.

Sementara untuk Dapil lain, Bau Mallarangeng mengaku punya format khusus untuk daerah tersebut.

Mantan Ketua Panwaslu waktu Pilkada Wajo ini mengungkap, materi yang akan diangkat dalam spanduk, sticker dan selebaran itu nanti-nya berisi tentang himbauan bahwa politik uang berpotensi mencederai proses pemilihan, membatalkan calon, pemilihan diulang dan sanksi pidana bagi pelaku money politik.

“Kita sosialisasikan terlebih dahulu untuk memberikan pemahaman kepada para kandidat Caleg dan masyarakat. Bila ternyata ada yang melakukan pelanggaran maka tentu akan ada sanksi-nya,” terang Bau Mallarangeng. (aci)