SMK se-Pantura Ikuti Lomba AutoCAD

Siswa SMK saat mengikuti lomba AutoCAD

Kudus, MC – Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Pantura yang meliputi Eks Karesidenan Pati, Eks Karesidenan Pekalongan dan Kota Semarang, mengikuti lomba AutoCAD yang diselenggarakan Program Studi (Progdi) Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus (FT UMK), Selasa, 12/5 kemarin.

Para peserta antara lain datang dari SMK Nusantara 1 Comal (Pemalang), SMKN 2, SMK Nusantara, SMK Wisudha Karya, dan SMK NU Ma’arif (Kudus), SMKN 1 Semarang, SMK Tunas Harapan dan SMK Assalamah (Pati), serta SMKN 1 Jepara.

Taufik Hidayat MT., dosen Progdi Teknik Mesin yang juga salah satu juri mengatakan, ini adalah lomba AutoCAD yang pertama kali digelar oleh Progdinya. ‘’Ternyata antusiasme siswa SMK mengikuti lomba ini cukup bagus. Ke depan, kami mengupayakan bisa digelar paling tidak se Jawa Tengah,’’ ujarnya.

Dia mengemukakan, lomba ini bisa dibilang pada kelompok terbatas, karena lazimnya hanya siswa jurusan permesinan yang paham mengenai AutoCAD. ‘’Selain untuk membangun ruang silaturahmi siswa jurusan permesinan, diharapkan melalui lomba ini ada pengalaman baru bagi siswa untuk meningkatkan skill (kemampuan) yang dimiliki,’’ katanya.

M. Slamet Riyadi, peserta asal SMK Tunas Harapan Pati mengemukakan, sangat tertarik mengikuti lomba karena bisa menjalin silaturahmi dengan banyak siswa lain dari berbagai kota. ‘’Kalau menang, ya bersyukur. Kalau tidak, saya sudah mendapatkan pengalaman mengikuti lomba, dan dapat teman baru,’’ paparnya.

Siswa yang suka menggambar dan merancang mesin mengutarakan, lomba di UMK ini adalah kali kedua ia mengikuti lomba. ‘’Sebelumnya saya pernah mengikuti lomba di UGM Yogyakarta. Meski kalah, tetapi jadi tambah wawasan, karena setiap kali mau mengikuti lomba tentu dituntut giat belajar,’’ ungkap siswa yang bercita-cita jadi dosen itu.

Sumber : Humas Universitas Muria Kudus (UMK)