Soal Kebersihan, Wabup Ajak SKPD Edukasi Masyarakat

Wajo, MC – Menindak lanjuti instruksi Bupati Wajo A Burhanuddin Unru untuk menjadikan Kota Sengkang sebagai Kota Bersih dan Sehat, Wakil Bupati Wajo A Syahrir Kube Dauda mengajak seluruh SKPD untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap kebersihan lingkungannya.

Wabup mengungkap, penanganan kebersihan adalah tugas pemerintah, namun, tanpa keterlibatan masyarakat untuk lebih peduli pada lingkungan-nya, minimal tidak membuang sampah di sembarang tempat atau menanta pekarangannya dengan apik, maka kebersihan lingkungan akan sulit tercapai.

“Mengatasi kebersihan memang berat, diperlukan sebuah strategi jitu dan mengedukasi masyarakat untuk lebih peduli akan kebersihan. Bagaimana pemerintah mengajak masyarakat untuk merasa memiliki lingkungan-nya,” terang Syahrir di Sengkang, Sabtu, 13/9.

Lebih lanjut Syahrir menjelaskan, penanganan sampah dan limbah masyarakat untuk menciptakan suasana kota yang bersih dan nyaman memang bukan pekerjaan mudah, Pemerintah diperhadapkan dengan kondisi yang dilematis.

Satu sisi, pemerintah berkewajiban untuk membersihkan lingkungan, namun, disisi lain-nya instansi yang menjadi leading sektor kebersihan terkendala dengan fasilitas pendukung. Misalkan saja, armada pengangkutan sampah, kontainer dan tong sampah ataupun personil kebersihan yang masih serba kekurangan baik jumlah dan honor tenaga kebersihan.

“Tentu hal ini patut menjadi pemikiran bersama, dan sesuai instruksi Bupati, seluruh elemen pemerintah harus bergerak. Mulai dari tingkat SKPD, Camat hingga tingkat Lurah, semua harus menjadi motivator penggerak kebersihan ditengah masyarakat”, pungkas Syahrir.

(Penulis : Nur Asri)