SPAM-IKK Bisa Penuhi Kebutuhan Air 9000 Jiwa Manusia

“Dari Peresmian Bangunan dan Pemanfaatan SPAM-IKK Pitumpanua”

Ketgam : Bupati Wajo A Burhanuddin Unru saat memantau pekerjaan bangunan SPAM-IKK di Kecamatan Belawa tahun 2014 lalu (Foto : Aci)

Wajo, MC – Pemerintah Kabupaten Wajo meresmikan pemanfaatan bangunan System Penyediaan Air Minum Ibukota Kecamatan (SPAM-IKK) yang baru dibangun di Topitu Kecamatan Pitumpanua, Sabtu, 14/2. Peresmian bangunan SPAM-IKK ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Wajo A Burhanuddin Unru.

Hadir kesempatan itu, Wakil Bupati Wajo A Syahrir Kube Dauda (ASK), Dandim 1406 Siantar Silaloho, Ketua TP PKK Wajo Hj A Faikah Burhanuddin, Camat dan beberapa Kepala SKPD Lingkup pemerintah Kabupaten Wajo.

Disela peresmian, Bupati mengutarakan bahwa pembangun SPAM-IKK ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air minum masyarakat yang bertempat tinggal di kawasan Ibukota Kecamatan.

Selain bangunan SPAM-IKK Topitu Kecamatan Pitumpanua, pemerintah juga telah melaksanakan pembangunan yang sama di kecamatan Tempe, Tanasitolo, Pammana, Sabbangparu, Bola dan Belawa.

Burhanuddin membeberkan, pembangunan unit penyedia air minum bersih dan jernih ini terlaksana setelah pemerintah daerah bermohon ditingkat pusat.

“Pembangunan SPAM IKK ini terlaksana setelah pemerintah daerah bermohon di pusat. Dana yang digunakan berasal dari Anggaran Pemerintah Belanja Negara (APBN) tahun 2014,” ungkap Bupati.

Ditambahkan, untuk tahun 2015 ini, pemerintah kabupaten Wajo kembali akan melaksanakan pembangunan SPAM-IKK di beberapa kecamatan yang belum mendapat bahagian, diantaranya ; kecamatan Keera, Maniangpajo, Takkalalla dan Sajoanging.

Selain itu, Pemerintah juga akan membangun sarana penyediaan air bersih dan jernih yang bisa langsung diminum. “Rencana itu akan dilaksanakan dua atau tiga tahun kedepan,” pungkas Bupati.

Direktur PDAM Wajo, Fachruddin kepada mediacelebes.com mengutarakan bahwa pembangunan SPAM-IKK Duapitue menggunakan anggaran sebesar Rp 7,9 Milyar. Sambungan tersebut tersebar pada dua kelurahan yakni kelurahan Siwa dan Bulete.

Hingga kini, kata Dia, produksi SPAM-IKK Duapitue telah terpasang di 950 sambungan atau mampu memenuhi kebutuhan air minum sebanyak 5000 jiwa manusia.

“Kalau maksimalnya, satu unit SPAM-IKK bisa melayani kebutuhan air minum sebanyak 1600 – 1800 sambungan atau sekitar 9000 jiwa manusia dengan instalasi pipa air (IPA) berkapasitas 20 liter/detik,” jelas Fachruddin. (adv)

Penulis : Besse Selvi Damayanti