Sumpah Pemuda ke 85 Diperingati

Wajo, MC – Upacara peringatan hari sumpah pemuda ke 85 yang dilaksanakan pada 28 Oktober 2013 berlangsung khidmat di Lapangan Merdeka Sengkang. Bupati Wajo A Burhanuddin Unru bertindak selaku pembina upacara.

Peringatan yang bertajuk dengan sumpah pemuda kita wujudkan pemuda yang santun, cerdas, inspiratif dan berprestasi ini dipimpin oleh Amshir A Timbang, Wakil Ketua KNPI Kabupaten Wajo.

Hadir dalam upacara, Ketua DPRD Wajo Yunus Panaungi, Kapolres Wajo AKBP Masrur, Dandim 1406 Washintong Simanjuntak dan para Muspida lainnya. Hadir pula organisasi kepemudaan lingkup Kabupaten Wajo.

Dalam sambutan-nya, Bupati Wajo A Burhanuddin Unru membacakan sambutan menteri pemuda dan olahraga Roy Suryo berharap agar pemuda Indonesia tetap inspiratif, mandiri dan mantap, berbasis nasionalisme serta ber-identitas kebangsaan.

Pemuda juga diminta untuk membangkitkan gerakan makro pemuda indonesia yang bermasyarakat, membangun pemuda yang berkarakter, patriotik, bersinergi dan bersatu.

Selain itu, pemuda juga diharap menjadi inspirator arus ekonomi global, mendorong dan menyatukan tekad dalam menggerakkan kerjasama se-ASEAN dan secara global.

“Dari itu, kami berharap seluruh pemuda Indonesia bersatu padu membangun negara dan bangsa Indonesia yang kita cintai ini,” tegas Roy Suryo.

Tidak itu saja, pemuda Indonesia patut berbangga atas ditetapkannya Undang – Undang no 40 2009 tentang Kepemudaan serta penerapan Perpres 60 tahun 2013 tentang pembentukan lembaga permodalan dan kewirausahaan lembaga pengusaha Indonesia.

“Dengan berlaku-nya UU kepemudaan dan Perpres tersebut, maka diminta seluruh OKP menyesuaikan diri, tetap eksis menunjukkan kecerdasan dan kreatif dalam kegiatan-nya,” harap Roy Suryo.

Untuk diketahui, dalam acara, panitia penyelenggara menampilkan parade pakaian adat dari beberapa suku di Indonesia yang dibawakan oleh siswa sekolah lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo.

Bupati kesempatan itu juga melaunching Buku Kumpulan Puisi Cipta Anak Negeri 2013 kerjasama antara SMP Negeri 3 Sengkang dengan Sekolah Mitra USAID Prioritas. (aci)