Survey BARAKKA Melejit, Berikut Indikatornya

Tagline BARAKKA

Wajo, MC – Dukungan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Wajo periode 2019-2024, Dr Baso Rahmanuddin dan KH Anwar Sadat Malik (BARAKKA) terus menunjukkan grafik menanjak.

Hal itu dapat terkaji dari beberapa indikator yang hingga beberapa bulan terakhir menunjukkan sinyal positif seperti ; meningkatnya arus dukungan atau antusias masyarakat dalam kegiatan kampanye, semakin digemarinya atribut BARAKKA oleh masyarakat, semakin terbukanya masyarakat untuk mengenakan/menggunakan atribut berlabel BARAKKA, serta meningkatnya partisipasi masyarakat untuk menyediakan atribut dukungan secara sukarela (khususnya dikalangan pengusaha) ditingkat kota, desa dan kelurahan.

Selain indikator itu, grafik dukungan paslon BARAKKA juga semakin menguat setelah pentolan pesaingnya baik ditingkat elit maupun ditingkat akar rumput beralih dukungan dan secara terbuka menyatakan sikap untuk mendukung paslon berlatar belakang birokrat – agamais ini.

Termasuk mendominasi dukungan di kecamatan tempe yang merupakan basis kemenangan Amran Mahmud pada pilkada sebelumnya (2014,red).

Jika ditarik simpulnya serta dikaitkan dengan beberapa postingan hasil survey yang beredar luas dijejaring media sosial, maka dapat tergambar grafik survey bahwa ; paslon BARAKKA mendominasi dukungan tokoh masyarakat sebesar 58,2 persen dan mengungguli paslon PAMMASE (Amran Mahmud dan Amran SE) diangka 24,2 persen, memilih bersikap netral sebesar 4,1 persen serta menjawab tidak tahu sebesar 13,5 persen dengan akumulasi sample/responden sebanyak 2.000 orang.

Begitupun tingkat keterpilihan (survey elektabilitas) pasangan calon, BARAKKA meraih angka dukungan sebesar 43,6 persen sedang PAMMASE 39,1 persen dengan potensi suara mengambang sebesar 17,3 persen. Angka tersebut ditarik dari akumulasi sample/responden sebanyak 1.000 orang.

Survey tersebut dirilis pada bulan februari 2018 dan dilaksanakan pada bulan januari 2018 oleh Indikator Survey Indonesia (ISI).

Tak lama setelah ISI, lembaga lainnya yakni Celebes Research Center (CRC) juga menempatkan posisi paslon BARAKKA diangka 43 persen atau selesih 4,7 persen dari paslon PAMMASE diangka 38,3 persen dengan potensi suara mengambang sebesar 18,7 persen. CRC pun merilis hasil surveynya dibulan februari 2018.

Calon Bupati Wajo, Dr Baso Rahmanuddin mengungkap rasa syukur dan berterima kasih kepada seluruh masyarakat atas dukungan dan partisipasinya selama proses kampanye pilkada ini. Ia mengungkap bahwa gerak dan arus dukungan seperti yang dimaksud berjalan secara alami.

“Kami terus berjalan dan menggalang dukungan secara baik dan santun, serta kedepankan etika dan norma-norma ditengah masyarakat melalui pertemuan-pertemuan, pun dalam kampanye tak hentinya kami tawarkan program kepada masyarakat, program yang dirumuskan untuk memenuhi harapan, mengatasi kendala dan persoalan yang dihadapi masyarakat”, pungkas Rahmanuddin.

Terkait dengan hasil survey, Rahmanuddin menilai hal itu sebagai motivasi untuk lebih memaksimalkan gerak dan penggalangan dukungan diseluruh tingkatan.

Menurutnya survey adalah sebuah kajian yang diolah secara ilmiah sehingga tentu hasilnya dapat dijadikan sebagai alat untuk mengintropeksi diri.

“Yang baik-baik kita pacu menjadi lebih baik dan yang masih kurang kita benahi agar hasilnya lebih maksimal”, papar Rahmanuddin. (MC)