Syahrul YL Janji Bantu Warga Pasar Sentral

Gubernur didampingi Bupati dan Muspida Wajo memantau pasar sentral sengkangWajo, MC – Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo berjanji untuk membantu para korban kebakaran yang terjadi dan menghanguskan isi dan bangunan Pasar Sentral Sengkang, yang terjadi, Senin, 14/10 kemarin.

Gubernur dua periode ini mengungkap, kejadian itu adalah musibah yang menimpa dan akan ditindak lanjuti oleh pemerintah secepat-nya.

Menurut Syahrul, penanganan itu dibagi menjadi tiga bahagian. Pertama adalah penanganan emergency, dalam hal ini aparat kepolisian diminta untuk segera melakukan penyidikan pasca kebakaran, mengumpulkan data kerugian dan kerusakan yang dialami oleh warga

“Dalam hal ini, kami meminta bantuan kepada Kapolres Wajo untuk segera melakukan penyidikan penyebab kebakaran,” pungkas Syahrul kepada wartawan disela kunjungan-nya di-TKP, Selasa, 15/10.

Tahap kedua, lanjut-nya, adalah tindak lanjut secara temporer, dimana pemerintah mencoba untuk melakukan relokasi sementara dengan harapan aktivitas perekonomian masyarakat Wajo tetap berkesinambungan.

“Kita upayakan untuk melakukan relokasi sementara, ingat, hanya untuk sementara. Saya bersama Bupati akan berkoordinasi dan mencari jalan terbaik, namun tetap mengedepankan kebersamaan dengan para korban,” terang Syahrul.

Sementara yang ketiga adalah tahap permanent, setelah semua lengkap, data kerugian dan kerusakan pasca kebakaran akan ditindak lanjuti melalui perbaikan bangunan.

“Jadi, kami harap warga bersabar menghadapi musibah ini, saya akan bantu dari atas, kita akan bangunkan kembali. Namun, saya minta masyarakat tetap tenang, biarkan aparat bekerja dan diminta seluruh warga tetap menjaga kebersamaan,” harap Syahrul.

Sementara itu, Bupati Wajo A Burhanuddin Unru yang dimintai keterangan terkait rencana pemerintah melakukan relokasi pasca kebakaran mengaku akan melakukan pertemuan dengan SKPD terkait dan perwakilan pasar.

“Besok, (Kamis, 16/10) akan kami adakan rapat dengan SKPD dan lembaga terkait berikut perwakilan warga,” tutur Burhanuddin melalui via BBM-nya. (aci)