Tahun ini, Instalasi Pengolahan Air PDAM Rampung

Wajo, MC – Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru bersedia me-maksimalkan distribusi air Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM).

Menurut-nya, untuk memenuhi kuantitas, kapasitas dan kualitas air PDAM di Kota Sengkang dan di tingkat kecamatan dan desa, sementara dipersiapkan pembangunan Instalasi Pengolahan Air PDAM.

Burhanuddin mengaku, khusus dalam kota, pemerintah segera membangun pusat Instalasi Pengolahan air minum ber-kapasitas 20liter/detik yang bertempat di eks Rujab Kepala Pos dan Giro Wajo, Jl A P Pettarani, Sengkang.

Pembangunan instalasi itu, aku-nya, bersamaan pembangunan-nya dengan instalasi pengolahan di Kecamatan Belawa.

“Pembangunan instalasi ini akan dilaksanakan bersama dengan pusat pengolahan instalasi air di Kecamatan Belawa,” kata Burhanuddin, Selasa,10/9.

Sebelum-nya, kata Burhanuddin, untuk membantu kelancaran distribusi air dalam kota, juga tengah terbangun pusat intalasi pengolahan air minum di daerah tosampa kecamatan Pammana.

“Pembangunan instalasi yang mengambil tempat di Jl Bajo poros Sengkang – Peneki ini untuk memenuhi distribusi air di kawasan kelurahan atakkae, lepangeng, tomudi dan sekitar-nya,” tutur-nya.

Lebih jauh dijelaskan, pembangunan instalasi di-tosampa tersebut bersamaan pekerjaan-nya dengan pusat instalasi pengolahan air di Kecamatan Pitumpanua.

“Jadi, beberapa pembangunan pusat pengolahan instalasi tersebut akan diupayakan selesai hingga akhir tahun ini,” ungkap Burhanuddin.

Sementara itu, Direktur PDAM, Fakhruddin membenarkan jika pekerjaan beberapa titik pembangunan intalasi pengolahan air minum tersebut dirampungkan.

Menurut-nya, program itu dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan air PDAM, mengalir setiap hari. Anggaran yang digunakan dari pusat dengan asumsi pemerintah daerah menyiapkan lahan.

“Anggaran sudah siap, begitupula lahan-nya, jadi tahun ini titik pembangunan instalasi tersebut siap dikerjakan, khusus dalam kota, instalasi pengolahan air minum beberapa hari ini segera eksen di-lokasi,” kata Fakhruddin.(aci)