Taman Padduppa Diserbu, POLRI dan TNI Ikut Terlibat

Seluruh elemen bergerak ; terlihat puluhan staf melakukan pembersihan dilokasi Taman Kota, kelurahan Padduppa, pagi hari tadi (Jumat 6 Januari 2017).  (Foto : Jhony)

Wajo, MC – Hari ini (Jumat, 6 Januari 2017), pemerintah daerah dalam hal ini Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) bersama Pemerintah Kecamatan Tempe menyerbu Taman Kota yang berlokasi di Pesisir Sungai WalanaE, Kelurahan Padduppa, Kecamatan Tempe untuk melakukan pembersihan.

BLHD menerjunkan staf-nya, bergitupun  pemerintah kecamatan mengerahkan seluruh tim-nya. POLRI dan TNI juga terlibat dalam gerakan tersebut.

Sekretaris Kecamatan Tempe, Andi Baso Mattalunru mengungkap, gerakan kebersihan adalah bagian dari agenda rutin yang digelar sejak beberapa bulan terakhir.

Kepala BLHD Kabupaten Wajo, Andi Ratnawati Paturusi bersama staf dalam gerakan kebersihan (Foto : Jhony)

Tujuan pelaksanaan kegiatan itu, adalah untuk menciptakan suasana kota yang bersih, apik dan nyaman. Selain itu, gerakan kebersihan juga dimaksudkan agar permasalahan sampah yang sering mengganggu keindahan kota dan menjadi sorotan masyarakat, tidak lagi dijumpai dan bisa tertangani dengan baik.

“Hal itu pula sejalan dengan motto “TEMPE DE’NAMAROTA” yang dibangun oleh pemerintah (Camat Tempe, red), terlebih sekarang ini penanganan sampah dan kebersihan kota menjadi tugas dan tanggungjawab pemerintah kecamatan, dan beberapa elemen terkait didalamnya”, ujar Mattalunru, di Ruang Kerjanya, Jumat (6 Januari 2017).

Sebelumnya, Camat Tempe, Andi Muh Baso Iqbal B mengungkap, penanganan sampah dan kebersihan pasca pelimpahan tugas dari Dinas Tata Ruang dan Permukiman (sekarang Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pertahanan, red) kepada pemerintah kecamatan di tindaklanjuti dengan beberapa pola kerja.

Kapolsek Tempe, AKP Ilyas Dohang bersama Lurah Padduppa Andi Parawangsa terlibat dalam gerakan kebersihan, mereka bertindak selaku motivator (Foto : Jhony)

Salah satunya, kata Camat, adalah dengan membentuk tim yang bekerja secara terpadu. Ia menilai, permasalahan sampah bukan hal yang mudah, karena menyangkut reputasi daerah dan menjadi kebutuhan dasar masyarakat.

Oleh pertimbangan itu sehingga pemerintah kecamatan membentuk tim, yang tidak lain merupakan ujung tombak dalam hal penanganan sampah dan kebersihan, khususnya dikawasan kota Sengkang dan sekitarnya.

“Kita bentuk dan maksimalkan kinerja tim ini, dalam sehari secara bergilir mereka mengawal wilayah kerjanya masing-masing, seperti ; tim sapu jalan bekerja pada pukul 06.00 wita – 09.00 wita pada titik ruas jalan yang ditentukan. Setelah itu, Satgas kebersihan mengangkut sampah menuju TPA, dan begitupun tim yang bertugas di-area permukiman beroperasi di-kawasannya masing-masing”, ujar Camat yang akrab disapa Andi Aso’ ini. (SIPD)