Tanam Padi, Bupati Uji Coba Transplanter

Wajo, MC – Bertempat di-ongkoe Kecamatan Pitumpanua, Bupati Wajo A Burhanuddin Unru bersama Wakil-nya A Syahrir Kube Dauda melakukan penanaman perdana dengan menggunakan mesin Transplanter (alat penanam padi).

Transplanter ini sudah tersebar di Kabupaten Wajo sebanyak 5 unit tepat-nya di daerah Belawa, Majauleng dan Sabbangparu. Penanaman perdana ini dilaksanakan oleh PT Syngenta Indonesia disalah satu hamparan sawah yang dijadikan sebagai lokasi percontohan.

Dalam sambutannya, Bupati Wajo mengajak masyarakat untuk merubah pola pikir petani dari cara bertani yang konvensional menjadi bertani modern dengan mekanik sistem berbasis tekhnologi. Menurut-nya, bertani secara modern akan mengirit waktu dan memaksimalkan hasil panen petani.

Bupati juga bersedia memfasilitasi masyarakat bila ingin memiliki alat Transplanter melalui subsidi pemerintah sebesar Rp10juta dengan asumsi subsidi handtraktor yang dilaksanakan selama ini ditiadakan dan dialihkan ke-subsidi transplanter.

“Saya ingin melihat petani di Wajo menjadi petani maju seperti petani yg ada di Jepang. Untuk menjadi petani yang maju kita harus mengenal teknologi pertanian, seperti transplanter (alat tanam padi) yang saat ini kita ujicoba penggunaan-nya,” ungkap Bupati.

(Penulis : Ekha)