Temukan Sampah Berserakan, Bupati Wajo Gerah

Wajo, MC – Gara-gara menemukan sampah berserakan dipekarangan dan selokan kios tempat jualan warga di terminal Calaccu Sengkang, Bupati Wajo A Burhanuddin Unru gerah.

Kegerahan mantan Sekretaris Daerah Wajo ini membuat beberapa pemilik kios yang kebetulan hadir mendapat teguran.

“Penjualnya mana, kenapa pekarangan kios ini banyak sampah yang berserakan ?. Apa tidak pernah dibersihkan atau memang enggan membersihkan ?. Ini kan untuk kebaikan anda juga, jadi apa salahnya jika kios yang ditempati mencari nafkah disini, dibersihkan,” tegur Bupati saat memantau kondisi kebersihan di terminal Callaccu Sengkang, Selasa, 28/10.

Usai menegur beberapa penjual, Bupati kemudian balik mencari aparat pemerintah kecamatan.

“Mana Camat Tempe (A Syahrial Makkuradde) ?, tolong diundang kesini. Apa penjual yang menempati kios ini sudah pernah disampaikan untuk menjaga dan membersihkan pekarangannya ?. Kalau pernah dan ternyata si penjual tidak menggubris, sebaiknya berhenti saja menjual. Ini untuk kebaikan penjual juga,” pungkas Burhanuddin dengan nada tegas.

Lebih lanjut mantan Camat Takkalalla ini menjelaskan bahwa seorang Camat berikut para Lurah harus bersikap tegas menangani permasalahan yang ada di kota, khususnya dalam hal kebersihan.

Camat dan Lurah ini memiliki kewenangan penuh terhadap wilayahnya, sehingga masing-masing memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap wilayahnya.

“Kalau semua permasalahan harus Bupati yang tangani, pasti akan repot jadinya. Disini kan ada yang lebih berkompeten yakni Camat dan Lurah yang harus memberikan penyadaran kepada masyarakat. Wilayah Kota Sengkang ini tidak luas, namun, kenapa Camat dan Lurah belum mampu menangani permasalahan yang ada ?,” pungkas Bupati.

(Penulis : Nur Asri, SH)