Terkait Mutasi, LSM Dukung Pemerintah Lakukan Evaluasi

Wajo, MC – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) sepakat dengan langkah pemerintah untuk mengevaluasi kinerja pegawai di Kabupaten Wajo.

Menurut mereka, evaluasi itu sangat penting untuk memacu kinerja pegawai dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab-nya sebagai abdi negara, terutama kinerja dari para pejabat eselon.

Seperti yang diungkap oleh A Munir Ketua LSM Sempuloloe, Jumat 15/11. Menurut-nya, evaluasi yang berujung pada mutasi ataupun pemberhentian seorang pejabat dari jabatan-nya adalah bahagian dari hak proregatif seorang Bupati, dan itu wajar saja dalam sebuah sistem pemerintahan.

Hanya saja, kata Munir, diharap pemerintah dalam pengambilan keputusan terkait penempatan jabatan agar mempertimbangkan aspek ke-ilmuan, bakat dan karakter dari pejabat yang dipromosi-kan itu.

“Jangan ahli pengolah susu di-bawa menjadi tukang bengkel, kan rumit jadi-nya,” terang Munir.

Tidak itu saja, Munir juga menyarankan agar dalam penempatan jabatan, pemerintah juga mempertimbangkan aspek pengkaderan. Dia mengungkap pegawai yang sudah memasuki masa pensiun, sebaik-nya tidak di-pasang lagi duduk pada sebuah jabatan kecuali jika keahlian ataupun kemampuan dari pejabat yang bersangkutan dibutuhkan.

“Namun bila tidak, maka sebaik-nya pensiunkan saja, tidak perlu diperpanjang lagi, karena hal itu akan melemahkan kader-kader dibawah-nya,” jelas Munir.

Senada dengan Munir, Ismail Ali yang juga seorang akademisi tata negara di Wajo mengungkap bahwa proses pengkaderan dalam sebuah sistem pemerintahan memang penting.

Menurut-nya, hal itu dibutuhkan untuk mengenksistensikan kinerja pegawai di-masing-masing lini. (aci)