Terkait Penyaluran Dana BOS dan Sertifikasi, Bupati Wajo Akan Turunkan Inspektorat

Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru

Wajo, MC – Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru akan menurunkan Inspektorat (Badan Pengawas Daerah) tingkat Kabupaten dan Propinsi untuk memeriksa penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan tunjangan Sertifikasi masing-masing sekolah di Kabupaten Wajo.

Itu setelah, Bupati mendengar banyak keluhan dari para guru dan kepala sekolah terkait keterlambatan yang ada hingga kemudian menyalahkan pemerintah daerah.

“Saya dengar banyak guru dan kepala sekolah yang mengeluh terkait keterlambatan penyaluran dana BOS dan tunjangan sertifikasi ini, bahkan diantaranya ada yang menyalahkan pemerintah daerah dan menganggap dana tersebut dimainkan. Agar semuanya jelas, maka saya akan turunkan inspektorat untuk memeriksa satu-persatu guru dan kepala sekolah terkait penggunaan dan penyaluran dana ini,” ungkap Bupati usai pelaksanaan upacara kesadaran nasional di halaman Kantor Bupati, Senin, 17/3.

Dijelaskan, penyaluran dana BOS dan tunjangan sertifikasi pada dasarnya adalah kewenangan pemerintah pusat dan propinsi, pemerintah daerah dalam hal itu hanya sebatas memfasilitasi guru dan kepala sekolah untuk menerima dana pemerintah tersebut.

“Namun jika keterlambatan yang ada ditimpakan salahnya kepada pemerintah daerah, saya rasa itu penafsiran keliru. Pemerintah daerah tidak pernah berniat untuk memainkan dana itu apalagi sampai menggunakannya. Dana itu adalah hak guru dan siswa sekolah, sehingga harus dipergunakan sebaik mungkin sesuai peruntukannya. Tapi, jika guru dan kepala sekolah pada mengeluh, maka sebaiknya saya turunkan Inspektorat untuk memeriksa satu-persatu agar semuanya jelas,” ketus Bupati dengan nada kesal.

Penulis : Nur Asri