Tolak Antar Jenazah, Pelayanan RSU Siwa Dikeluhkan

Wajo, MC – Warga keluhkan pelayanan Rumah Sakit Umum (RSU) Siwa, mereka menilai, oknum aparat rumah sakit kurang konsisten melayani pasien dengan tidak memberikan kesempatan kepada warga yang kebetulan berduka untuk menggunakan kendaraan dinas ambulance.

Seperti yang dialami oleh salah seorang keluarga berduka yang kebetulan family-nya meninggal dunia usai menjalani perawatan di tempat itu. Ambulance yang tersedia enggan digunakan mengantar jenazah dengan alasan tertentu.

Al-hasil, warga yang tadi-nya mendapat perawatan di rumah sakit tersebut terpaksa harus mencari kendaraan lain untuk mengantar jenazah famili-nya.

Info yang dihimpun, pihak RSU beralasan, kendaraan ambulance tidak diperuntukkan untuk mengantar jenazah.

Hal itu-pun ditanggapi oleh Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Kecamatan Pitumpanua, Sultan. Dia menyesalkan pihak RSU yang terkesan membatasi pelayanan kepada pasien.

Seharus-nya, sebagai aparat yang diberi kepercayaan kepada pemerintah, bisa memberikan solusi atau kemudahan kepada siapapun pasien yang membutuhkan pelayanan. Termasuk fasilitas ambulance yang memang disiapkan untuk membantu masyarakat.

Sultan menilai, ambulance sejati-nya adalah kendaraan operasional multi fungsi. Selain untuk pelayanan medis perawatan, ambulance juga bisa difungsi-kan untuk mengantar jenazah.

“Namanya kendaraan dinas, ambulance tentu-nya multi fungsi. Jangan malah dengan alasan sepele, membuat masyarakat yang butuh pelayanan tidak diberi kesempatan. Hal itu jelas berseberangan dengan program pemerintah dalam hal peningkatan pelayanan masyarakat pada bidang kesehatan,” pungkas Sultan. (Sul)