Tulus Bekerja, Kunci Keberhasilan Rasyad Ridi

Abdul Rasyad RidiKepala UPTD Pendidikan Kec Tempe – Kab Wajo, Abdul Rasyad Ridi

Wajo, MC – Tulus, disiplin dan loyal bekerja menjadi modal utama Abdul Rasyad Ridi, Kepala Unit Pelaksana Tekhnis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo dalam meniti karir sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sejak diangkat menduduki jabatan struktural lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo, dirinya tidak pernah mengeluh dan terus memberikan yang terbaik dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab yang diamanahkan kepadanya sebagai seorang Kepala Cabang Dinas (Kacabdin).

Ia mengaku, selama hampir sepuluh tahun lebih menjabat, tak sedikit tantangan yang dihadapi. Namun, kata Dia, semua bisa dilalui dengan niat tulus dan konsisten dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi-nya.

“Itu modal awal kami dalam bekerja, tulus dan selalu kedepankan disiplin, bersikap loyal terhadap tugas dan tanggungjawab kami kedepankan,” ujar Rasyad kepada MEDIACELEBES, di Ruang Kerjanya, Jl Jend Ahmad Yani Sengkang, Baru-baru ini.

Dalam kesehariannya, Rasyad berusaha membangun komunikasi yang baik dengan para kepala sekolah, guru dan siswa sekolah sekalipun.
Ia tidak pilih kasih dan berusaha untuk menyamaratakan hubungannya dengan seluruh aparat pendidikan dilingkungan kerjanya.

“Itu upaya untuk membangun keharmonisan,” kata Rasyad.

Kedepan, sambungnya, Ia mengaku akan lebih merekatkan diri dengan para aparat pendidikan.

“Guru dan kepala sekolah kami anggap sebagai bahagian tidak terpisahkan dari kami, oleh itu jalinan persaudaraan, jalinan persahabatan dan kekerabatan menjadi penting untuk terus dilakukan. Hal itu sejalan dengan harapan pimpinan (Bupati Wajo, red) bahwa dalam satu lembaga, pimpinan selaku top leader harus menjadi tauladan, menjadi contoh dan mengarahkan bawahannya kepada hal yang positif, serta mampu menciptakan keharmonisan dalam organisasi yang dipimpinnya,” papar Rasyad.

Lebih lanjut, mantan Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Tanasitolo ini mempertegas sikap dalam penataan organisasi yang dipimpinnya.

Ia mengaku tidak akan melakukan perubahan atas capaian kinerja yang telah dilakukan oleh pejabat sebelumnya (Agustiaman, red), sepanjang, program yang dilaksanakan oleh pejabat lama bernilai positif, maka dirinya tidak akan melakukan perubahan. Malah nantinya, program yang telah berjalan dan bernilai positif tersebut akan dimaksimalkan.

“Saya menjabat ditempat ini bukan berarti harus melakukan perombakan, namun akan mengupayakan agar semua menjadi baik. Melanjutkan yang baik-baik, dan melakukan perubahan pada hal-hal yang belum sempurna, termasuk hubungan dengan rekan-rekan pers akan lebih ditingkatkan agar terjalin kemitraan yang positif dan membangun,” kunci Rasyad. (Red/MC)