UMI Makassar Gelar Dialog Nasional

Makassar, MC – Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, adalah salah satu Perguruan Tinggi Islam Swasta tertua, terbesar dan terkemuka di Kawasan Indonesia Timur.

Sebagai salah satu universitas tertua di Indonesia Timur, UMI senantiasa berinovasi dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas SDM lulusannya, salah satunya melalui kegiatan Dialog Nasional tentang pendidikan dengan tema “Reaktualisasi Manajemen Pendidikan Agama Islam: Harapan dan Tantangan di Era Globalisasi”

Dialog tersebut diikuti oleh Dosen dan mahasiswa Perguruan Tinggi Islam, Guru, praktisi pendidikan, dan Kanwil Kementerian Agama se-Indonesia yang dilaksanakan di Aula Pascasarjana UMI Jl. Urip Sumoharjo No. 225 Makassar.

Dalam Dialog tersebut hadir beberapa narasumber diantaranya ; Luqman Hakim (Menteri Agama RI), Prof. Dr. H. Basri Modding, SE., M.Si. (Direktur Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia, Malang), Prof. Dr. H. Muhaimin, MA (Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang), Prof. Dr. H. M. Nasor, M.Si. (Direktur Pascasarjana IAIN Raden Intan, Lampung), Prof. Dr. Ir. H. Suhendar Sulaeman, MS. (Direktur Pascasarjana Universitas Muhammadiyah, Jakarta).

Dari hasil pencatatan yang dilakukan oleh mediacelebes.com, beberapa hal penting mengemukan dalam dialog diantaranya adalah pentingnya mengubah mindset atau pola pikir umat Islam yang cenderung bersikap cuek terhadap peningkatan lembaga pendidikan Islam sehingga salah memanfaatkan kekayaan yang dimiliki.

Selain itu, materi yang diangkat juga terkait dengan penyiapan sumber daya manusia (SDM) berkompeten dalam menghadapi ASEAN ECONOMIC COMMUNITY.

“Jika bangsa Indonesia tidak menyiapkan secara sungguh-sungguh dalam meningkatkan SDM yang kompeten, maka bisa jadi akan masuk tenaga kerja asing yang memiliki daya saing lebih tinggi dan dipekerjakan di berbagai sektor industri dan jasa,” ungkap Prof. Dr. H. Muhaimin, MA disela materinya.

Begitupula dengan materi yang diangkat oleh Prof. Dr. Ir. H. Suhendar Sulaeman, MS. Dia menambahkan bahwa kompetensi dan karakter SDM yang baik akan berdampak positif bagi peningkatan produktivitas sumberdaya dan kualitas produk.

Penulis : Zainal Arifin, S.PdI