Untuk Haji, Pemda Kucur Bantuan 400 Juta, 13 JCH Tunda Pemberangkatan

Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru menyematkan atribut kepada perwakilan Jamaah Calon Haji di Mesjid Raya Ummul Qura Sengkang (Foto : MC)

Wajo, MC – Pemerintah daerah kabupaten Wajo tahun 2017 ini  mengalokasikan anggaran bantuan untuk Jamaah Calon Haji (JCH) sebesar Rp 400 juta. Anggaran bersumber dari APBD tahun 2017 dipergunakan kepengurusan travel, pemberangkatan dan pemulangan, konsumsi selama perjalanan dan beberapa item lainnya.

Bantuan diserahkan oleh Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru disela acara pelepasan secara resmi Jamaah Calon Haji di Mesjid Raya Ummul Qura Sengkang, Kamis, 3  Agustus 2017.

Pelepasan ditandai dengan pengucapan naskah pelepasan oleh Bupati Wajo tepat pukul 10.00 Wita yang dilanjutkan dengan pemasangan atribut dan penyerahan pataka lambang daerah.

Dalam sambutannya Bupati berharap kepada para JCH untuk fokus dan khusyu’ menjalankan ibadah dan kesampingkan keperluan lainnya, seperti berbelanja dan atau kegiatan yang kurang bermanfaat. Ia mengimbau jamaah untuk tetap menjalin kebersamaan, bahu membahu, dan saling membantu selama menjalankan ibadah haji.

Ketgam : Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru saat beri sambutan. Ditempat itu, Ia mengingatkan Jamaah Calon Haji untuk fokus dan khusyu’ beribadah dan kesampingkan belanja-belanja (Foto : MC)

“Disana jangan terpisah-pisah, kalau bisa jalan bersama, jangan sendiri-sendiri dan aktifkan komunikasi. Saya juga berpesan agar jamaah menjaga kesehatan, perbanyak makan buah, utamanya bagi mereka yang ber-umur untuk rutin mengontrol kesehatannya, karena kondisi suhu ditanah suci berbeda dengan suhu didaerah kita”, ujar Bupati.

Jamaah Calon Haji yang diberangkatkan tahun ini berjumlah 407 orang yang tergabung dalam Kloter 34 gelombang kedua Embarkasi Makassar. Terdapat diantaranya 13 JCH yang tertunda pemberangkatannya karena meninggal dunia 2 orang, alami penundaan 6 orang, dan karena alasan lain sebanyak 6 orang.

Info yang dihimpun, kuota yang alami penundaan tersebut langsung diisi dengan penggabungan mahram urutan daftar tunggu berdasarkan Keputusan Dirjen PHU. Begitupun dengan salah seorang jamaah yang diketahui bernama Mallu Dg Mannipi membuat surat pernyataan penundaan pemberangkatan karena alasan sakit. Kekosongan itupun langsung diisi dengan jamaah lainnya yang telah melakukan pelunasan atasnama ; Mira binti Sunre.

Sedianya, JCH diagendakan tiba di Asrama Haji Sudiang Makassar pada Kamis, 24 Agustus 2017 pukul 10.00 Wita dan kembali pada Kamis, 5 Oktober 2017 pukul 10.00 Wita. (MC)

Berikut rincian kuota JCH kabupaten Wajo 1428 H 2017 M :

Kecamatan Belawa : 27 orang
Kecamatan Bola : 25 orang
Kecamatan Gilireng : 19 orang
Kecamatan Keera : 3 orang
Kecamatan Majauleng : 34 orang
Kecamatan Maniangpajo : 13 orang
Kecamatan Pammana : 30 orang
Kecamatan Penrang : 23 orang
Kecamatan Pitumpanua : 3 orang
Kecamatan Sabbangparu : 25 orang
Kecamatan Sajoanging : 6 orang
Kecamatan Takkalalla : 35 orang
Kecamatan Tanasitolo : 58 orang

Total Jamaah Calon Haji : 407 orang

Sumber Data : Kementerian Agama Kabupaten Wajo