Urus Berkas, Coba Rasakan Perubahan di Kantor Camat Tempe

camat-tempe Camat Tempe, Andi Muh Baso Iqbal B

Wajo, MC – Sistem pelayanan dilingkup pemerintah kecamatan Tempe alami perubahan sejak beberapa pekan terakhir. Perubahan itu dapat terlihat dari pengaktifan alur pelayanan standar operasional prosedur (SOP).

Camat Tempe, Andi Muh Baso Iqbal B kepada MEDIACELEBES mengungkap, terbentuknya alur pelayanan SOP akan memudahkan masyarakat dalam melakukan pengurusan dikantor kecamatan, utamanya berkaitan dengan pelayanan administrasi.

Masing-masing personil, kata Camat, difungsikan dan bertanggungjawab atas tugas yang dipangkunya, seperti ; Sekretaris Kecamatan (Sekcam) bertugas melayani surat menyurat, pengarsipan, dan kelengkapan berkas kepegawaian (pengurusan kenaikan pangkat, gaji berkala, pensiunan).

Seksi pemerintahan bertugas melayani surat pernyataan ahli waris, surat keterangan pindah, susunan keluarga, Taspen/SPTB, surat keterangan domisili dan lain berkaitan dengan perbaikan data (nama dan tanggal lahir).

Begitupula dengan pelaksanaan tugas pada seksi perekonomian dan pembangunan melayani kepengurusan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), HO/SITU, pengalihan hak, kepemilikan tanah dan pengusulan berkas SPPT-PBB. Sedang untuk seksi kesejahteraan sosial bertugas untuk melayani penerbitan surat keterangan tidak mampu dan rekomendasi nikah.

Seksi ketentraman dan ketertiban mengurus ijin keramaian, keterangan berkelakuan baik, laporan sengketa, peselisihan warga dan rekomendasi kegiatan, serta seksi pemberdayaan masyarakat bertugas melayani koordinasi aktif, memfasilitasi kegiatan organisasi dan masyarakat.

“Semua jenis pelayanan dilakukan secara gratis atau tidak disertai dengan pungutan biaya, kecuali pelayanan atas pengalihan hak atas tanah, itupun telah diturunkan 3 menjadi 1 persen dari nilai jual objek pajak (NJOP),” terang Camat. (Sul/MC)