USAID Prioritas Gelar Pelatihan MBS Modul 2

Wajo, MC – USAID PRIORITAS, salah satu program kepedulian pemerintah Amerika terhadap pendidikan di Indonesia kembali mengadakan pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) untuk modul 2 Angkatan I bagi 15 SD/MI dan SMP/MTs yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna / Ruang Pola Kabupaten Wajo, 28-29 Oktober lalu.

Kegiatan ini diikuti oleh 85 peserta dari 15 sekolah mitra, unsur Kepala Sekolah, Guru, Komite Sekolah dan Pengawas tingkat SD/MI dan SMP/MTs.

Koordinator USAID PRIORITAS Kabupaten Wajo A Irma Bachtiar Hayang menjelaskan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari pelatihan MBS module 1 yang dilakukan tahun lalu, dimana pelatihan bertujuan untuk merefleksikan kemajuan sekolah sebagai dampak dari pelatihan MBS yang dilakukan sebelumnya.

“Pelatihan ini pula dikemas untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta tentang, peran Kepala Sekolah dan memilih cara dalam mendukung keberhasilan pembelajaran, menemukan cara-cara praktis mengembangkan budaya baca dan melakukan penghitungan ketersediaan anggaran sekolah untuk pembelajaran,” ungkap Irma kepada mediacelebes.com.

Lebih lanjut Irma menjelaskan bahwa salah satu kegiatan dalam pelatihan MBS ini adalah ” Membaca Senyap”, dimana setiap peserta diarahkan untuk memilih salah satu buku bacaan diantara beberapa buku yg telah disediakan.

“Semua peserta dilarang bersuara dan melakukan kegiatan lain selain hanya membaca buku selama 15 menit,” pungkas Irma.

Untuk diketahui, pelatihan untuk angkatan kedua akan dilaksanakan di Kecamatan Keera pada tanggal 4-5 November 2014 mendatang.

Pada pelatihan itu akan diikuti oleh 50 peserta dari unsur kepala sekolah, guru dan pengawas untuk 9 SD/ MI dan SMP/ MTs.

(Sumber : USAID Prioritas)