Virus DBD Serang Warga Di-Pitumpanua

Wajo, MC – Virus penyakit Demam Berdarah (DBD) mulai menyerang warga di Kecamatan Pitumpanua.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kebanyakan virus ini menyerang anak-anak usia 12 tahun kebawah dan kini sementara di-rawat di rumah sakit pembantu Siwa Kecamatan Pitumpanua.

Sultan, salah seorang warga yang anak-nya terserang DBD, mengutarakan, telah menjalani rawat inap di RSU Siwa selama tiga hari.

Selain anak-nya, juga terdapat beberapa pasien lain-nya mengidap penyakit yang sama. Bahkan, kata warga ini, jumlah pasien lebih banyak dibanding kemampuan ruangan yang tersedia.

“Sejauh ini, sudah ada yang meninggal dunia karena penyakit tersebut, kami berharap tentu-nya pemerintah melakukan antisipasi sebelum virus menjangkiti warga yang lain-nya,” kata warga ini.

Seperti diketahui, Demam berdarah (DBD) adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue, yang masuk ke peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk dari genus Aedes, misalnya Aedes aegypti atau Aedes albopictus.

Terdapat empat jenis virus dengue berbeda, namun berelasi dekat, yang dapat menyebabkan demam berdarah. Virus dengue merupakan virus dari genus Flavivirus, famili Flaviviridae.

Penyakit demam berdarah ditemukan di daerah tropis dan subtropis di berbagai belahan dunia, terutamadi musim hujan yang lembap.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan setiap tahunnyaterdapat 50-100 jutakasus infeksi virus dengue di seluruh dunia.(Sul)