Wabup Ajak Warga Tidak Sepelekan HIV-AIDS

Wajo, MC – Wakil Bupati Wajo A Syahrir Kube Dauda mengimbau masyarakat Wajo untuk menghindari hal-hal yang bisa menjadi pemicu beredarnya virus HIV-AIDS ditengah masyarakat.

Menurutnya, permasalahan itu menjadi penting, karena berdasarkan data yang dipegang, hampir semua kecamatan di Kabupaten Wajo terdeteksi beberapa orang warga positif mengidap HIV-AIDS.

“Ini tentu menjadi perhatian pemerintah, terlebih pengidap HIV-AIDS sangat resisten dan bisa menular melalui beberapa cara dengan sengaja ataupun tanpa disengaja,” ungkap Wabup di Sengkang, baru-baru ini.

Dijelaskan, dalam penanganannya, masyarakat harus cepat disadarkan, masyarakat harus diedukasi dan yang paling krusial adalah masalah ini tidak boleh ditutup-tutupi. Semua harus paham dan mengerti akan resiko HIV-AIDS.

“Bila itu dilakukan, maka semua bisa melakukan pencegahan bersama, misalkan saja menghindari hubungan sex bebas dan atau terkontaminasi dengan hal-hal yang bisa menjadi sebab penularan virus AIDS. Upaya yang dilakukan adalah bagaimana kita menekan penyebaran penyakit ini agar tidak menular kepada korban-korban lainnya,” tutur Syahrir.

Lebih jauh mantan koordinator program pemberdayaan masyarakat ini mengungkap bahwa masalah tersebut adalah masalah yang serius, tidak boleh dianggap enteng apalagi terjadi pembiaran.

“Olehnya itu pemerintah melalui APBD nantinya akan menyiapkan anggaran untuk penyuluhan, seminar dan kegiatan lainnya. Kita tidak boleh tinggal diam dan akan berusaha semaksimal mungkin agar penyebaran penyakit ini bisa ditekan dan tidak lagi menempatkan Kabupaten Wajo sebagai daerah garis merah akan resiko virus HIV-AIDS,” tutur Syahrir.

Penullis : Nur Asri, SH