Wabup Akui PNPM-MP Berkontribusi Tanggulangi Kemiskinan

Wajo, MC – Wakil Bupati Wajo A Syahrir Kube Dauda mengaku Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan dan Perkotaan (PNPM-MP) berkontribusi besar terhadap penanggulangan kemiskinan.

Upaya penanggulangan kemiskinan itu diaplikasikan melalui produktifitas usaha dan secara khusus melakukan penguatan kepada para pelaku PNPM-MP yang ada melalui pendekatan pemberdayaan yang dilakukan secara sistematis, menggali permasalahan, kemudian mencari solusi dan melaksanakan solusi itu dalam bentuk program kerja.

“Seperti itulah PNPM-MP, baik pada tingkat perdesaan maupun pada tingkat perkotaan. Bahkan saya sadari bahwa program PNPM-MP inilah yang telah berhasil mendorong kadernya untuk terpilih menjadi Wakil Bupati di Kabupaten Wajo,” pungkas Syahrir saat membuka Gebyar Karya PNPM-MP di Lapangan Merdeka Sengkang, Jumat, 10/10.

Lebih lanjut mantan koordinator PNPM-MP Sulawesi selatan ini menjelaskan, PNPM-MP tahun 2015 mendatang masih tetap akan dilaksanakan, meski regulasinya hingga saat ini masih sementara dalam pemantapan.

“Namun jelasnya, PNPM-MP tahun mendatang akan bergeser ketingkat Kabupaten dengan estimasi anggaran sebesar Rp14 Milyar. Sedang untuk tahun selanjutnya (2016, red) kita masih menunggu regulasi dari pusat,” terang Syahrir.

Ketua Panitia Penyelenggara Gebyar Karya PNPM-MP, Andi Mamu, mengutarakan, Gebyar Karya yang dilaksanakan ini merupakan wadah publikasi dan pertanggung jawaban sosial kepada masyarakat terhadap pelaksanaan program dan kinerja para pelaku PNPM-MP, baik ditingkat desa maupun pada tingkat perkotaan.

Selain itu, Gebyar ini pula akan menampilkan beberapa kegiatan diantaranya ; pameran hasil karya PNPM-MP tingkat Perdesaan dan Perkotaan, Perlombaan Olahraga dan Seni, Cerdas Cermat dan beberapa kegiatan lainnya.

“Namun demikian, kegiatan ini digelar tidak lain adalah untuk mengetahui sejauh mana implementasi kebijakan program yang telah dilaksanakan oleh para pelaku PNPM-MP di Kabupaten Wajo, Mempererat silaturahmi antar pelaku PNPM-Mandiri Perdesaan dan Perkotaan di Kabupaten Wajo dan mengetahui pencapaian visi, misi dan strategi pencapaian program PNPM-MP. Selain itu, kegiatan ini juga akan memberi dorongan kepada para pelaku untuk memacu diri dan bekerja sesuai dengan SOP yang ada serta memberikan apresiasi terhadap kelembagaan dalam rangka mensukseskan visi, misi PNPM-MP,” jelas Kepala Bidang Ketahanan dan Kelembagaan Masyarakat Desa dan Kelurahan ini.

(Penulis : Ekha)