Wabup : IPM Masyarakat Wajo Urutan 14 di Sulsel

“Dari Kegiatan Forum SKPD Kabupaten Wajo Tahun 2016”

Ketgam : Wakil Bupati Wajo A Syahrir Kube Dauda (kiri) bersama Ketua DPRD Wajo HM Yunus Panaungi dan Kadis Pendidikan Wajo Jasman Juanda

Wajo, MC – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Wajo masih tergolong rendah, trend pembangunan indikator sosial masyarakat ini hanya mampu bergerak 5 digit dari posisi sebelumnya dalam kurung waktu lima tahun terakhir.

“IPM masyarakat Wajo saat ini masih berada di posisi tengah yakni urutan 14 dari 24 Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan. Capaian itu naik 5 digit dari posisi sebelumnya selama lima tahun terakhir. Tahun 2012, IPM masyarakat hanya sebesar 71,67 persen dan meningkat pada tahun 2013 sebesar 72,55 persen,” ungkap Wakil Bupati Wajo A Syahrir Kube Dauda saat membuka acara Forum SKPD Kabupaten Wajo 2016 tahun anggaran 2015 di Aula Pertemuan Kantor Bappeda Kabupaten Wajo, awal pekan ini.

Sementara untuk pendapatan rata-rata masyarakat, lanjut Syahrir, Pemerintah Daerah pada tahun 2013 berhasil mengangkat pendapatan perkapita masyarakat sebesar Rp22,8juta dari posisi sebelumnya yakni Rp19,9juta pada tahun 2012.

“Untuk hal ini, presentase pencapaian masyarakat Wajo bahkan lebih tinggi dibanding presentase pencapaian target yang diperoleh propinsi dan nasional,” pungkas Syahrir.

Begitupula pada sektor ekonomi makro masyarakat, tahun 2013 lalu mengalami peningkatan sebesar 8,99 persen dari pencapaian sebelumnya yang hanya berada diangka 8,25 persen pada tahun 2012.

“Itu membuktikan bahwa kinerja pemerintah dari tahun ke tahun alami peningkatan yang dibuktikan dengan capaian IPM, Pendapatan rata-rata masyarakat dan gerak ekonomi makro di Kabupaten Wajo,” terang mantan koordinator program pemberdayaan masyarakat di Sulsel ini. (adv)

Penulis : Nur Asri, SH