Wajo Keciprat Dana SPAM IKK 7,9 Milyar

Wajo, MC – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Wajo tahun 2015 ini keciprat dana dari pemerintah pusat. Suntikan Anggaran Pemerintah Belanja Negara (APBN) ini untuk Pembangunan System Penyediaan Air Minum (SPAM) tingkat Ibukota Kecamatan (IKK) sebesar Rp 7,9 Milyar.

Sedianya dana itu akan dialokasikan untuk pembangunan SPAM IKK di Kecamatan Keera.

Direktur PDAM Wajo, Fachruddin mengatakan, bahwa Pembangunan SPAM IKK di Kecamatan Keera dipersiapkan untuk 1600 sambungan. Saat ini, pelaksanaan pekerjaan sementara jalan dan ditarget pengoperasian dilakukan tahun 2016 mendatang.

Ditambahkan bahwa SPAM IKK nantinya menggunakan air permukaan sungai Awo sebagai sumber utama air minum.

“Kita akan gunakan sungai Awo sebagai sumber air, jaraknya sekitar 1 Km dari lokasi SPAM IKK. Sedang untuk sambungan ke rumah warga itu diperkirakan sebanyak 4 Km. Dalam pengoperasiannya, Bupati target dua desa terdekat yakni Desa Awo, Desa Paojepe,” jelas Fachruddin seperti rilis yang dikirim, Kamis, 12/2 kemarin.

Selain kecamatan Keera, lanjut Fachruddin, PDAM berpeluang mendapatkan anggaran sebesar Rp 7,7 milyar untuk pembangunan SPAM IKK untuk kecamatan Maniangpajo.

Hanya saja, untuk Maniangpajo, temukan kendala sumber air minum didaerah itu sangat terbatas.

“Kecamatan Maniangpajo terkendala sumber air, sehingga masih perlu dicarikan sumber air yang bersih dengan biaya operasional memadai agar bisa didistribusikan kepada masyarakat setelah SPAM IKK terbangun,” pungkas Fachruddin. (adv)

Sumber : Humas dan Protokol Wajo
Editor : Arlin Sujarli